bdadinfo.com

Waduh! 5 Kecamatan di Provinsi Jambi Ini Dimungkinkan Kena Gusur Proyek Jalan Tol Jambi Rengat: Siap-siap yah - News

Ilustrasi pembebasan lahan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Jalan Tol Jambi-Rengat di Jambi, 5 Kecamatan dimungkinkan terdampak (Dok: Patrari Jaya Utama)

- Salah satu proyek pembangunan infrastruktur dikabarkan akan dimulai pembangunannya di salah satu daerah di Pulau Sumatera.

Proyek pembangunan tersebut tentunya masih merupakan bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Adapun proyek tersebut adalah pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat yang akan menjadi jalan penghubung dua provinsi di Pulau Sumatera, Jambi dan Riau.

Baca Juga: Bukan Tol Belmera di Sumatera Utara, Berikut Deretan 3 Jalan Tol Tertua di Indonesia yang Masih Beroperasi hingga Hari ini: Ada yang 45 Tahun!

Jalan Tol Jambi Rengat direncanakan akan dibangun dengan panjang lintasan 198 km dan terbagi dalam dua wilayah pembangunan.

Ruas Jalan Tol Jambi Rengat ini akan melintasi Provinsi Jambi sepanjang 116,5 kilometer, sementara sisanya sejauh 81,5 kilometer berada di Provinsi Riau.

Melihat dari angka pembagian panjang lintasan, Jalan Tol Jambi Rengat ini memang lebih banyak dikerjakan pada wilayah Provinsi Jambi.

Baca Juga: Ada di Jambi! Titik Terakhir JTTS Sepanjang 34 Km ini Siap Dibangun Cuma Dalam Setahun: Rampung Tahun 2024

Proyek Jalan Tol Jambi Rengat ini diperkirakan akan melintasi 16 desa pada trasenya dari Jambi menuju Rengat di Provinsi Riau. 

Lebih lanjut, sebagian besar dari ruas Jalan Tol Jambi Rengat ini akan berlangsung di salah satu kabupaten di Provinsi Jambi.

Kabupaten tersebut adalah Tanjung Jabung Barat yang secara lokasi juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau 

Baca Juga: Sempat Dikeluarkan dari PSN, Begini Nasib JTTS Penghubung Sumatera Utara dan Aceh: Semua hanya Omong Kosong?

Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan menjadi lokasi dari pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat sepanjang 79,6 km.

Angka tersebut lebih dari separuh dari total panjang ruas Jalan Tol Jambi Rengat yang ada di wilayah pembangunan Provinsi Jambi, 116,5 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat