bdadinfo.com

Luar Biasa! Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi akan Jadi Terpanjang Kedua Setelah Tol Bali-Mandara, Telan Biaya Sampai Rp24,6 T - News

Jalan Tol Gilimanuk-Mengki jadi jalan tol terpanjang kedua setelah Tol Bali-Mandara (Pixabay)

- Dalam rangka meningkatkan konektivitas infrastruktur jalan bebas hambatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Badan Usaha Jalan Tol akan memulai pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi di Provinsi Bali sepanjang 96,84 km.

Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Bali I Wayan Koster di Pekutatan, Jembrana pada Sabtu 10 September 2022.

Menteri Basuki menyatakan bahwa dalam pembangunan jalan tol, utamanya di Bali sebagai destinasi wisata dunia harus memperhatikan beberapa hal.

Baca Juga: Horee! Akhirnya PLTS Cirata Terapung Berkapasitas 192 MWP Terbesar se-Asia Tenggara Resmi Beroperasi, Kalahkan Rekor Filipina?

“Pertama, pasti kualitas. Sebagai wisata dunia, Bali harus menunjukkan kalau kita bisa membangun jalan tol dengan kualitas terbaik. Lalu, kedua juga harus memperhatikan estetika. Tidak hanya struktur-struktur jalan saja. Juga, kualitas dan estetikanya, tanpa mengurangi kecepatan kerjanya,” ujar Basuki.

Dengan adanya perkiraan biaya investasi sebesar Rp24,6 Triliun untuk Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi ini ditargetkan usai pada tahun 2028 mendatang

Menteri Basuki menghendaki tuntas semua pada 2025 akhir untuk pembangunan jalan Tol Gilimanuk-Mengwi terbagi menjadi 3 Seksi sebagaimana dikutip dari pu.go.id.

Baca Juga: Mantap! Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Bangkinang Rampung 2023, Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar?

Dengan terdiri dari Seksi 1 ruas Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 53,6 km, Seksi 2 ruas Pekutatan-Soka sepanjang 24,3 km dan Seksi 3 ruas Soka-Mengwi sepanjang 18,9 km.

Adapun proses pembangunan jalan tol ini tetap memperhatikan kearifan lokal Bali dengan menghindari tempat-tempat suci dan membangun jalur khusus roda dua untuk sepeda serta sepeda motor.

Basuki merasa sangat senang karena akan ada jalur untuk pengendara sepeda motor dan sepeda yang merupakan salah satu perhatian pada social heritage di Bali.

Baca Juga: Ingin Nikmati Pesona Keindahan Minangkabau? Wajib Kunjungi 3 Destinasi Wisata Ini di Kota Padang

Sehingga cepat sampai tujuan dengan selamat sambil menikmati keindahan alam di sekitar Jembrana, Tabanan dan Badung.

Adanya Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi akan dibangun melintasi 3 Kabupaten, 13 Kecamatan dan 58 Desa nantinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat