bdadinfo.com

Banyak yang Salah Paham! Inilah Perbedaan Antara Supermarket dan Swalayan - News

Banyak yang Salahpaham dan Dikira Sama, Inilah Perbedaan Antara Supermarket dan Swalayan/Pexels

-Bisnis pusat perbelanjaan merupakan usaha yang menjanjikan dikarenakan itulah usaha ini mulai menjamur di Indonesia, Adapun pusat perbelanjaan sendiri ada banyak jenisnya,  mulai dari supermarket, swalayan, minimarket mal hingga toko serba ada (Toserba).

Dari banyaknya jenis bisnis pusat perbelanjaan, seringkali supermarket dan swalayan dikatakan sama tidak ada bedanya.

Swalayan dan supermarket yang merupakan dua jenis toko ritel yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari memiliki pengertian yang sama.

Baca Juga: Semua Naik! Ini UMP Terbaru 10 Provinsi di Sumatera yang akan Berlaku Pada 1 Januari 2024, Bangka Belitung Tertinggi

Dimana untuk pengertian dari Supermarket yang merupakan pasar swalayan menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021.

Tentang Pedoman Pengembangan, Penataan, dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, menjelaskan supermarket masuk dalam definisi toko swalayan yang merupakan toko dengan sistem pelayanan mandiri, menjual berbagai jenis barang secara eceran yang berbentuk minimarket, supermarket, department store, hypermarket, ataupun grosir yang berbentuk perkulakan.

Walaupun secara pengertian swalayan dan supermarket sama tetapi untuk karakteristik dari swalayan dan supermarket banyak memiliki perbedaan, dimana perbedaannya meliputi:

Baca Juga: Horee! Menteri PUPR siapkan Jalan Tol Operasional dan Nasional Demi Kelancaran Nataru 2023, Berikut Ini Daftar Tolnya

1. Karakteristik utama dari swalayan:
 a. Ukuran Kecil hingga Menengah, dimana Swalayan cenderung lebih kecil dibandingkan dengan supermarket. Mereka bisa memiliki luas lantai yang relatif kecil dan menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari.

 b. Produk Swalayan umumnya terbatas dibandingkan dengan supermarket, Swalayan fokus pada produk-produk dasar yang sering dibeli konsumen sehari-hari.

  c. Pengelolaan Independen dimana pemilik atau pengelola swalayan biasanya bertanggung jawab atas berbagai aspek operasional toko, termasuk pembelian barang, stok, penataan rak, dan layanan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Perjuangan Pahlawan, Kunci Jawaban Tema 5 Pahlawanku Untuk SD/MI Kelas IV Halaman 8

   d. Swalayan biasanya tidak menjual peralatan rumah tangga besar seperti lemari es, mesin cuci, atau peralatan elektronik besar lainnya.

 e. Harga di swalayan cenderung bersaing, tetapi tidak selalu lebih murah daripada supermarket. Seringkali Swalayan menawarkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen sehari-hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat