bdadinfo.com

Horee! Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Terpanjang di Indramayu Senilai Rp10,27 M, Warga Miliki Jalan Alternatif? - News

Ilustrasi jembatan kayu di Indramayu (Pixabay)

- Anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi dan Bupati Indramayu Nina Agustina bersama Menteri, Basuki telah meresmikan Jembatan Gantung Baleraja di Desa Baleraja Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat pada Senin, 27 November 2023.

Kehadiran jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan.

Basuki menyatakan bahwa pembangunan Jembatan Gantung Baleraja adalah bantuan Pemerintah Pusat sesuai visi dari Jokowi sebagaimana dikutip dari pu.go.id.

Baca Juga: Andre Onana Bikin Blunder untuk Manchester United, Begini Tanggapan Erik Ten Hag

Namun Jokowi tidak hanya membangun prasarana ekonomi seperti bendungan dan jalan tol, tetapi juga prasarana kemasyarakatan seperti jembatan gantung.

Pembangunan jembatan ini juga ialah jawaban nyata atas aspirasi dari Anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi yang dibangun pada 2022 lalu.

Berbeda dengan zaman dahulu, membuat jembatan gantung hanya menggunakan teknik potong dan coba namun tidak menggunakan alat khusus.

Baca Juga: Inilah Perkembangan dari Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan 1 yang akan Segera Dibuka, Sampai Mana Progresnya?

Dalam perkembangannya, proses pembuatan jembatan tidak hanya mengandalkan kedua teknik tersebut.

Melainkan proses pembuatan jembatan telah menggunakan berbagai macam teknik seperti penerapan ilmu pengetahuan sehingga mengahasilkan jembatan yang kokoh, kuat, dan memiliki unsur keindahan.

Dedi juga mengatakan bahwa sebelum adanya jembatan gantung ini, masyarakat yang bekerja dari Indramayu ke Pabrik Sepatu di Subang dengan karyawan lebih dari 30 ribu orang harus memutar sejauh 34km.

Baca Juga: Heboh! Nyamuk Wolbachia Dianggap Sebagai Solusi untuk Demam Berdarah, Beberapa Wilayah Ini Merasakan Manfaatnya

Adanya jembatan gantung ini dapat memajukan mobilitas masyarakat yang sangat tinggi karena jalanan memiliki peranan yang sangat penting untuk membina kesatuan dan persatuan negara.

Sehingga, dari sinilah manusia memiliki ide untuk membangun konstruksi jembatan yang dari waktu ke waktu mengalami kemajuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat