bdadinfo.com

Saatnya Liburan! Ini Dia 7 Tempat Wisata Pantai di Sumatera Utara - News

Ilustrasi (Freepik.com/mrsiraphol)




- Tahun baru identik dengan yang namanya liburan, masyarakat bisa memilih untuk memulai liburan bersama teman atau keluarga.

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi untuk liburan tahun baru salah satunya di Sumatera Utara.

Di Sumatera Utara Anda bisa menikmati beragam wisata, yang paling digemari adalah wisata pantai. Berikut 7 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk liburan tahun baru:

1. Pantai Pondok Permai
Pantai yang memiliki pasir putih ini mempunyai luas lahan sekitar 10 hektar dan identik dengan pohon cemara yang berbaris di setiap jalan menuju pantai ini.

Dinamakan Pondok Permai karena menawarkan panorama pantai yang khas dan adanya sentuhan budaya melayu. Hal ini bisa dilihat dari dekorasi dan arsitektur restoran.

Baca Juga: Dampak Buruk dan Cara Mengatasi Abu Vulkanik Gunung Api Terhadap Tubuh Manusia

Untuk menarik wisatawan, pengelola pantai yang merupakan warga sekitar Anda Bisa mendapatkan fasilitas spot foto cantik, area parkir, mushola, gazebo, kamar mandi bilas, meeting room, restoran, playground dan wahana permainan.

Dengan harga masuk Rp 20.000/orang Anda sudah bisa merasakan berbagai spot di pantai ini. Pantai Pondok Permai berada di Jalan Pantai Cermin Banten Terap Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.

2. Pantai Pandan
Pantai ini terkenal dengan banyak nya flora dan fauna yang cantik, terumbu karang di sini masih memiliki ekosistem yang asli loh.

Tidak hanya itu tumbuhan serta pepohonan disini dilestarikan dengan baik dan biota laut yang ada di pantai ini sangat memukau.

Ini yang bikin menarik, Anda tidak perlu membayar untuk masuk kedalam pantai ini cukup membayar tarif parkir saja.

Fasilitas yang akan didapatkan adalah toilet dan gazebo. Lokasinya terdapat di
Jalan Sisingamaraja Desa Pandan Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baca Juga: Sejarah La Peregrina Pearl, Mutiara Legenda yang Dipakai oleh Ratu Prancis Mary Tudor

3. Pantai Mutiara
Pantai yang satu ini memiliki lingkungan yang menarik yakni di seberang pantai Anda bisa menikmati indahnya Bukit Hijau.

Selain karena keindahannya Pantai Mutiara memiliki sejumlah wahana olahraga air seperti perahu, boat, kano, kayak hingga rumah apung yang menjadi daya tarik wisatawan.

Untuk memasuki area rumah apung Anda cukup menaiki perahu dengan membayar Rp 2.000. Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan adalah parkir yang luas, gazebo, toilet, kamar bilas dan warung makan.

Pantai Mutiara bisa Anda temukan di Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

4. Pantai Lumban Bulbul
Pantai Ancol Danau Toba merupakan julukan untuk Pantai Lumban Bulbul loh. Lokasi yang tepat di pinggir Danau Toba dan memiliki pasir pantai yang berwarna putih bersih.

Uniknya, di pantai ini adalah pantai air tawar. Hal ini karena lokasinya yang berada di area Danau Toba serta ombak di pantai eksotis ini cenderung tenang.

Untuk memasuki area ini Anda harus membayar Rp 5.000/orang. Fasilitas yang Anda akan dapatkan adalah area parkir, toilet, tempat penyewaan untuk pelampung dan tikar.

Selain itu ada wahana untuk olahraga air yakni banana boat, kano, perahu hingga kapal. Warga sekitar juga menyediakan pondok kecil dan warung makan.

Pantai ini beralamatkan di kawasan Danau Toba tepatnya di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara.

5. Pantai Tureloto
Pantai yang dijuluki laut mati ini adalah pantai yang memiliki kadar garam tinggi sehingga akan membuat perenang mampu mengapung diatas air.

Perenang bisa mengapung karena kepadatan perairan lebih tinggi daripada kepadatan
tubuh manusia jadi aman untuk berenang tanpa pelampung.

Karena laut yang biru dan jernih ini sehingga biota lautnya hidup dengan baik disini. Bagi Anda yang hobi menyelam cocok sekali untuk berwisata ke pantai ini.

Hanya dengan Rp 10.000/orang Anda sudah bisa masuk kedalam pantai ini. Fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah mushola, toilet, area parkir, kios sewa alas, gazebo dan pondok makan.

Pantai ini terletak di Desa Bule Podoroto Kecamatan Lewa Kabupaten Nias Utara.

6. Pantai Sorake
Daya tarik dari pantai ini adalah ombaknya yang bisa mencapai hingga 15 meter. Karena ombaknya ini pantai Sorake cocok untuk menjadi tempat berselancar.

Kerennya, Pantai Sorake menjadi pantai terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Selain itu, Pantai Sorake pun menjadi lokasi untuk kejuaraan selancar baik di tingkat lokal maupun internasional.

Seperti Nias Selatan Open Contest dan Nias Pro. Tempat ini pun menjadi salah satu cara untuk menarik turis agar bisa bermain di Kepulauan Nias.

Untuk memasuki area pantai ini Anda perlu membayar Rp 5.000/orang. Fasilitas yang disediakan ada lahan parkir, gazebo, penginapan, toilet umum, tempat penyewaan alat surfing dan toko souvenir. Pantai ini beralamatkan di Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan.

7. Pantai Cermin
Pantai yang menjadi favorit bagi masyarakat Medan Pariaman karena airnya yang bergitu biru jernih dan bersih akan membuat masyarakat terkagum.

Beda dari pantai yang lain karena Pantai Cermin memiliki wahana wisata dari resort waterpark.

Perpaduan antara wisata buatan dan wisata alam membuat pantai ini selalu ramai dan tak henti berdatangan pengunjung.

Cukup dengan Rp 10.000/orang Anda sudah bisa memasuki wisata ini, tetapi harga masuk ini diluar dari harga waterpark ya.

Fasilitas lain yang akan Anda dapatkan adalah area parkir, food court and cafe, toilet umum, gazebo, wahana permainan air, toko souvenir dan mushola.

Pantai ini berada di Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Serdang Bedagai Kecamatan Cermin atau berada di Lokasi Selat Malaka.

Itu dia 7 wisata pantai yang ada di Sumatera Utara untuk harga bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, Anda sudah siap berwisata ke pantai yang mana. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat