bdadinfo.com

Insiden Kecelakaan Kereta di Cicalengka Bandung Gegara Proyek Double Track Belum Tuntas? - News

Kecelakaan KA di Bandung.  (Tangkap layar Twitter/@txttransportasi)

– Pagi ini dua Kereta Api mengalami tabrakan di Cicalengka. Sekitar 400 meter dari stasiun Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Jumat tanggal 5 januari 2024 sekitar pukul 6.30 WIB.

Kedua kereta api yang mengalami kecelakaan tersebut, adalah Kereta Api Turangga jurusan Bandung – Surabaya dengan Kereta Api lokal Bandung Raya.

 “Pagi ini, Jumat 5 Januari 2024, terjadi insiden kecelakaan antara KA Turangga (65) deng KA Commuter Line Bandung Raya (350) di lintas Haurpurgur – Cicalengka di Bandung, sehingga menyebabkan jalur KA tidak dapat dilalui untuk sementara waktu. Saat ini unit terkait sudah berada di lokasi untuk melakukan proses penanganan dan evakuasi,” ujar akun twitter resmi @KAI121

Baca Juga: Mega Proyek IKN Tak Kekurangan Investor: Ini yang Pemerintah Lakukan

Saat ini, semua anggota tim yang terkait telah berusaha menangani kecelakaan kedua kereta tersebut.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga sedang melakukan usaha rekayasa dalam pola operasional, termasuk pengaturan jalur putar dan pengalihan menggunakan moda transportasi lainnya.

Pada jalur kecelakaan ini, pemerintah melalui kementerian perhubungan sebenarnya tengah menjalankan pembangunan proyek double track yang ditargetkan rampung tahun 2023, tetapi tak kunjung usai hingga tahun ini.

Direktur Infrastruktur Kereta Api di Kementerian Perhubungan, Harno Trimadi, mengungkapkan bahwa proyek jalur ganda tersebut dapat mengurangi durasi perjalanan dan berpotensi meningkatkan jumlah penumpang hingga 25%.

Baca Juga: Padang Panjang Terpapar Abu Vulkanik, BPBD Kesbangpol Bagikan Masker

“Kehadiran jalur ganda akan mengurangi durasi perjalanan dari Bandung ke Cicalengka yang sebelumnya memakan waktu 43 menit. Harapannya, dengan pembangunan jalur ganda ini, waktu perjalanan dapat dipersingkat menjadi 30 menit,” Kata Harno pada waktu itu, seperti dilansir dari laman itb.ac.id, Jumat, 5 Januari 2024.

Proyek tersebut dibagi menjadi dua tahap, dimana tahap pertama mencakup jalur dari Gedebage hingga Haurpurgur dengan panjang 14 kilometer.

Sementara itu, tahap kedua difokuskan pada jalur dari Haurpurgur ke Cicalengka dengan panjang 9 kilometer.

Baca Juga: Asyik! UMP Sumatera Barat yang Baru Rp2.811.449, Mulai Berlaku 1 Januari 2024

Proyek tahap pertama telah selesai, akan tetapi hingga terjadinya kecelakaan tabrakan antara KA Turangga dan KA Bandung terjadi, proyek tahap kedua belum selesai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat