bdadinfo.com

Makin Panas! Anies Baswedan Sebut Saat Indonesia ‘Kebobolan’, Anggaran Rp700 Triliun Malah Digunakan untuk Alutsista Bekas - News

Potret Anies Baswedan dan Prabowo Subianto saat debat capres ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024 malam.  (Layar Tangkap YouTube KPU RI )

Debat Capres ketiga berlangsung panas. Anies Baswedan sebut di tengah Indonesia yang ‘kebobolan’, anggaran Rp700 triliun malah digunakan untuk alutsista bekas.

Anies Baswedan mengatakannya saat debat capres ketiga yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, hingga geopolitik pada Minggu, 7 Januari 2024.

Isu tersebut dilontarkan oleh calon presiden nomor urut 1 guna mengkritik Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan yang juga maju sebagai capres nomor urut 2.

Baca Juga: Anies Baswedan Lontarkan Kritik Tajam kepada Prabowo Subianto Soal Anggaran Kemenhan

Sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo memiliki rencana untuk membeli 12 pesawat tempur berjenis Mirage 2000-5 bekas dari angkatan udara Qatar guna memperkuat pertahanan AU Indonesia.

Hal ini dianggap Anies kurang tepat mengingat kondisi Indonesia yang ia anggap sedang mengalami krisis.

Ia beranggapan bahwa pertahanan bukan hanya sebatas militer. Ada beberapa aspek lainnya yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Mimpi Masyarakat Sumbar Punya Tol Makin Dekati Kenyataan, Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin Terus Digenjot, Sekarang Segini Progresnya

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir ini lebih 160 ribu orang meninggal bukan karena serangan militer namun karena virus.

Bahkan, ada pula penyerangan cyber yang mengarah handphone dan komputer rakyat Indonesia.

“Lebih dari 800 juta cyber attack,” ucapnya dalam debat semalam.

Baca Juga: Tragedi Pasar Youtefa: Kebakaran Hebat yang Mengguncang Perekonomian Jayapura

Selain itu, terdapat juga perdagangan manusia terutama anak-anak dan perempuan yang ia klaim menyentuh angka 3 ribu korban. Serta permasalahan narkoba yang menjangkit Indonesia.

“4,8 juta orang (Indonesia) terpapar narkoba, keluarga-keluarga kita menderita karena narkoba ini dan itu pedih sekali,” ucap calon presiden nomor urut 1 tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat