bdadinfo.com

Wakil Kepala SKK Migas Sambangi P4S Binaan KKKS Eni Muara Bakau, Joglo Tani Kolong Langit Jadi Bukti Pemanfaatan Lahan Tidur - News

Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf mengunjungi Joglo Tani Kolong Langit, salah satu Binaan KKKS Eni Muara Bakau.

– Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf mengunjungi Joglo Tani Kolong Langit, salah satu Binaan KKKS Eni Muara Bakau.

Diketahui, Joglo Tani Kolong Langit sudah terbukti berhasil dalam pemanfaatan lahan tidur sampai produktif menjadi kawasan Pertanian Terpadu.

Adapun, Joglo Tani Kolong Langit ini yang berada di kawasan Handil Baru, Kecamatan Sambora, kini sudah menjadi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Baca Juga: Hanya 3 Persen Anak Mau Jadi Petani, Komisaris ID FOOD: Problem Besar Bagi Kita

Menariknya, keberhasilan pemanfaatan lahan tidur menjadi produktif tersebut tidak hanya berkontribusi dalam mendukung program lumbung pangan di Kutai Negara, program ini juga memberikan dampak positif bagi program ketahanan pangan secara nasional.

Melalui berbagai program yang kreatif dan inovasinya, Joglo Tani Kolong Langit telah membantu petani meningkatkan produktivitas pertanian di Joglo Tani dan saat ini kerap menjadi tujuan kunjungan belajar berbagai kalangan pertanian.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf melakukan penanaman pohon yang dilanjutkan dengan berkeliling ke areal pertanian dan turut mencicipi hasil panen pertanian dan perkebunan yang disajikan dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Lepas Keberangkatan Jamaah Umroh, Bupati Eka Putra: Mohon Doakan Tanah Datar Ke Depan Lebih Baik Lagi

Dalam arahannya, Nanang menyampaikan agar dampak positif industri hulu migas terhadap masyarakat sekitar terus ditingkatkan melalui sinergi dan kolaborasi yang semakin kuat dimasa yang akan datang.

Dia menyampaikan kegiatan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat (PPPM), termasuk apa yang dilakukan oleh Eni Muara Bakau dalam membina dan mengembangkan kawasan Joglo Tani Kolong Langit adalah bagian tidak terpisahkan dari rencana dan strategi (Renstra) Indonesia Oil and Gas (IOG) 4.0.

“Pemanfaatan lahan tidur dan pemberdayaan masyarakat di kawasan Joglo Tani Kolong Langit adalah wujud pelaksanaan 2 (dua) target dalam Renstra IOG yaitu meningkatkan multiplier effect bagi masyarakat sekitar industri hulu migas dan menjaga lingkungan berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga: Kota Pariaman Terima Penghargaan Anugerah Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik

Keberadaan Joglo Tani merupakan salah satu wujud nyata manfaat dari keberadaan Industri Hulu Migas.

Pemberdayaan masyarakat tani untuk menjadi lebih produktif tentunya tidak hanya menjadikan pertanian konvensional menjadi lebih produktif namun secara langsung turut meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar Joglo Tani.

Untuk diketahui, pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara bersama Joglo Tani Kolong Langit juga berhasil meraih Top 45 Lomba Inovasi Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN-RB.

Baca Juga: Mantap! Habiskan Dana Rp587 Miliar, Stadion Utama Sumatera Utara akan Segera Rampung Tahun Ini

Hal senada juga disampaikan, oleh ketua P4S Joglo Tani Kolong Langit Handil Baru, Achmad Muchtadin.

Ia mengatakan bahwa dibentuknya Joglo Tani Kolong Langit ini adalah sebagai pusat edukasi dan lumbung bibit.

Joglo Tani turut andil dalam meningkatkan produktifitas para petani. Saat ini Joglo Tani juga mengembangkan buah durian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat