bdadinfo.com

Marambaia Topaz, Batu Topas Berkualitas Tinggi Berwarna Biru nan Memukau dari Brasil - News

Marambaia Topaz, Batu Topas Berkualitas Tinggi Berwarna Biru nan Memukau dari Brasil  (www.tjc.co.uk)

 - Sesuai dengan namanya “Marambaia Topaz” berasal dari Lembah Jequitinhonha, Minas Gerais, Brasil dimana tempat ini dikenal sebagai penghasil topas tak berwarna berkualitas tinggi.

Brasil sudah dikenal sebagai penghasil topas yang berkualitas tinggi dan sering kali harganya lebih mahal.

Marambaia Topaz sangat terkenal dengan kejernihan bahan jadinya apabila dibandingkan dengan topaz lainnya.

Baca Juga: Mengenal The Flame Queen: Batu Kalimaya 261 Karat yang Termahal di Dunia

Awal mulanya, batu kasar yang ditambang ini pada awalnya tidak berwarna dan setelah melalui tahap pemanasan atau iradiasi, barulah menghasilkan berbagai warna biru mulai dari biru langit yang lembut hingga biru Swiss sedang hingga biru London yang pekat.

Dari banyaknya warna biru yang dihasilkan tersebut, tipe Swiss blue adalah yang paling populer.

Inklusi yang merupakan faktor yang penting dalam mengevalua­si apakah termasuk permata atau batu akik yang ada di dalam batu topas ini tidak terlihat dengan mata telanjang.

Baca Juga: Ide Brilian! Jalan Tol Khusus Batu Bara Kebanggaan Rakyat Sumatera Selatan Sepanjang 113 KM Jadi Tumpuan Belasan Perusahan Tambang di Sumsel

Namun, setelah diproses, dipotong, dan dipoles, permata segi ini sangat bersih bagi mata dalam prosesnya dibutuhkan pemotong yang terampil untuk menghasilkan spesimen terbaik itu dikarenakan kelangkaan batu.

Untuk harga dari Marambaia Topaz itu sendiri sangatlah beragam semakin pekat warnanya semakin mahal juga harganya. Kualitas Marambaia Topaz yang unik adalah daya tahan yang dimilikinya. Dengan memiliki tingkat kekerasan delapan skala Mohs, Marambaia Topaz merupakan pilihan ideal untuk dipakai sehari-hari.

Kekerasan dari Marambaia Topaz berada tepat di bawah permata terkenal seperti safir, rubi, dan berlian, sehingga cocok untuk perhiasan apa pun yang dirancang untuk bertahan dalam ujian waktu.

Topaz Marambaia juga memiliki arti penting sebagai batu kelahiran yang diketahui Marambaia Topaz merupakan batu kelahiran modern untuk bulan November, karena warnanya menggambarkan transisi dari musim gugur ke musim dingin.

Sekilas, topas biru ini terlihat seperti aquamarine dan perlu diketahui bahwa topas biru dan aquamarine merupakan batu permata yang berbeda. Perbedaannya terletak pada variasi mineralnya, dimana topas biru merupakan variasi mineral topaz, aluminium silikat dengan fluor. Sedangkan aquamarine merupakan variasi mineral beryl, berilium aluminium silikat.

Perbedaan lainnya terletak pada warna, topas biru memiliki corak warna biru yang beragam dimulai dari biru langit pucat hingga biru tua sedangkan untuk aquamarine memiliki warna khas biru kehijauan layaknya warna lautan, dimana warnanya bisa berkisar dari biru muda hingga biru kehijauan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat