bdadinfo.com

PetroChina Lanjutkan Tahapan Survei Seismik di Blok Jabung - News

Survei Seismik 3D & 2D PCJL di Jabung.  (dok. SKK Migas)

- SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) terus melanjutkan tahapan Survei Seismik 3 Dimensi (3D) & 2 Dimensi (2D) “Eastern Jabung” di bulan Januari 2024.

Sebelumnya, PCJL telah melaksanakan serangkaian tes parameter dan sosialisasi kepada pemerintah dan masyarakat di lima kecamatan di Tanjung Jabung Timur (TJT), Jambi.

Rangkaian Survei Seismik 3D & 2D PCJL di Jabung direncanakan berlangsung 10 bulan dan mencakup 28.136 titik tembak. 

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Kolaborasi dengan Diskominfo Bukittinggi, Terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi

Survei 3D akan dilaksanakan di area seluas 121 km2 di Prospek Ketemu dan area seluas 71 km2 di Prospek Rukam, sedangkan survei 2D akan dilakukan di sejumlah area di bagian timur Wilayah Kerja Jabung sepanjang 250 kilometer.

Tes parameter untuk Survei Seismik 2D dan 3D di Prospek Ketemu dilaksanakan mulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, sedangkan tes parameter di Prospek Rukam tengah disiapkan.

Tes parameter ditujukan untuk mengetahui berapa kedalaman lubang tembak seismik dan berapa banyak bahan peledak yang diperlukan.

Baca Juga: 25 Mahasiswa Politeknik Negeri Padang Dapat Beasiswa dari Bank Nagari

Sabtu Pekan lalu, 6 Januari 2024, PetroChina President Director Qian Mingyang, General Manager Jabung Wang Heping dan Vice President Supply Chain Management Gusminar mengunjungi lokasi tes parameter di TJT untuk memastikan kelancaran proses survei seismik.

Menurut Qian Mingyang, pelaksanaan survei seismik 3D & 2D ini besar artinya untuk PetroChina. Survei pertama yang dilakukan di masa perpanjangan kontrak Wilayah Kerja Jabung.

Selain itu, survei ini juga merupakan Komitmen Kerja Pasti (KKP) Petro China dan usaha strategis pemerintah meningkatkan cadangan Migas Indonesia, khususnya di Jabung.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Buka Peluang Dosen Lanjutkan Studi di Luar Negeri

“PetroChina Jabung berkomitmen menjalankan program seismik ini dengan efisien, serta mengikuti peraturan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja,” kata Qian.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di 31 desa di 5 kecamatan, yaitu Dendang, Muara Sabak Barat, Muara Sabak Timur, Kuala Jambi, dan Geragai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat