bdadinfo.com

Kementerian PUPR Kebut Pembangunan Jalan Tol Pertama Menuju IKN Tahap 1, Ditargetkan Siap Guna Pada Juli 2024 - News

Jalan Tol Menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) (Kementerian PUPR)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR menetapkan target penting terkait pembangunan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pembangunan Jalan tol IKN ini, dengan tahap pertama diharapkan akan selesai pada bulan Juli 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengungkapkan hal ini saat melakukan peninjauan terhadap jaringan jalan menuju IKN pada Kamis pekan ini.

Baca Juga: Kelewatan! Sudah Menunggak 2 Bulan, Tindakan Penyewa Ini Bikin Kesal Pemilik Sewa Apartemen

Jaringan jalan ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, terutama melewati Jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

Dalam peninjauan tersebut, Menteri Basuki memberikan peringatan kepada para pekerja konstruksi untuk memastikan kualitas pembangunan yang superior.

Hal ini dikarenakan Jalan Tol IKN ini diharapkan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jalan tol lain yang telah dibangun sebelumnya.

Baca Juga: Berbicara di Depan Komunitas Pengemudi Ojol, Prabowo Subianto Janji akan Memberikan Kesejahteraan Ekonomi dan Pendidikan

"Jika ada kendala, segera identifikasi dan perbaiki. Pada Juli 2024 harus sudah selesai untuk tahap 1 dan bisa dioperasikan," ujarnya dalam keterangan pers pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Saat ini, pembangunan Jalan Tol IKN tahap 1 telah mencapai progres signifikan.

Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km telah mencapai progres 48 persen, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km mencapai progres 57 persen.

Baca Juga: Berbicara di Depan Komunitas Pengemudi Ojol, Prabowo Subianto Janji akan Memberikan Kesejahteraan Ekonomi dan Pendidikan

Sementara Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km mencapai progres 67 persen.

Seluruh ketiga seksi ini diharapkan dapat rampung dan berfungsi untuk digunakan pada Juli 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat