bdadinfo.com

Pemerintah Kabupaten Agam Upayakan Penuhi Kebutuhan Tenaga Pengajar - News

Kabid Ketenagaan Disdikbud Agam, Aslim

- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam mencatat jumlah tenaga guru PNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di tingkat SD dan SMP.

Menurut Kabid Ketenagaan Disdikbud Agam, Aslim, jumlah total guru mencapai 4.490 orang, dengan rincian 2.020 orang berstatus PPPK dan 2.470 orang berstatus PNS. Hal ini diungkapkan kepada AMC pada Selasa 30 Januari 2024.

Jumlah siswa di Kabupaten Agam saat ini mencapai 61.364 orang, terdiri dari 47.769 siswa SD dan 13.595 siswa SMP.

Namun, menurut Aslim, jumlah tenaga pengajar masih belum mencapai ideal.

"Jumlah ideal tenaga pengajar di Kabupaten Agam sebanyak 4.480 orang, sehingga masih kekurangan tenaga pengajar sebanyak 390 orang, belum lagi ditambah dengan jumlah guru yang sudah atau memasuki masa pensiun," ungkapnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tanggapi Pinjaman Online untuk Biaya Kuliah: Harus Subsidi Tanpa Memberatkan Mahasiswa

Untuk mengatasi kekurangan ini, Disdikbud Agam telah mengajukan permohonan kepada Pemerintah Provinsi dan Pusat agar pada pengrekrutan selanjutnya, jumlah kuota dan kebutuhan tenaga pengajar di Kabupaten Agam dapat terpenuhi.

Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

"Dengan terpenuhinya kebutuhan tenaga pengajar ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Agam," tambah Aslim.

Langkah ini menjadi salah satu dari berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendukung sektor pendidikan dan memastikan penyediaan tenaga pengajar yang memadai bagi siswa-siswa di Kabupaten Agam. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat