bdadinfo.com

Sampai Bikin Iri Negara Tetangga! Deretan Jalan Tol di Indonesia Ini Dianggap Unik dan Menarik Perhatian  - News

Sampai Bikin Iri Negara Tetangga! Deretan Jalan Tol di Indonesia Ini Dianggap Unik dan Menarik Perhatian  (hutamakarya.com)

– Dalam satu dekade terakhir, pembangunan infrastruktur di Indonesia dilakukan secara masif dan merata di seluruh pelosok tanah air.

Salah satu pembangunan infrastruktur yang terus digenjot adalah pembangunan jalan tol yang sampai-sampai bikin iri negara tetangga.

Saat ini saja, pemerintah bersama dengan kontraktor tengah mengupayakan terselesaikannya sejumlah jalan tol. Dari banyaknya jalan tol yang sudah tuntas dan masih dalam tahap konstruksi, ternyata beberapa dianggap unik dan mencuri perhatian loh. Mana saja ya?

Baca Juga: Hore! Sumbar Segera Bangun Ikon Wisata Hits, Jembatan Kaca Megah dengan View Air Terjun Super Cantik Ada di Daerah Ini

Tol Laut Terpanjang

Jalan tol Bali Mandara merupakan jalan tol laut terpanjang di Indonesia dan berhasil masuk ke dalam lima besar jalan tol laut terpanjang yang ada di dunia.

Jalan tol ini terdapat di Pulau Bali dan menghubungkan Pelabuhan Benoa, Bandara Ngurah Rai, dan Nusa Dua.

Jalan tol yang memiliki panjang 12,7 km ini merupakan jalan tol di atas laut pertama di Indonesia dan mulai dibangun pada bulan Maret 2012.

Baca Juga: Enggak Jadi Pusing 7 Keliling, Pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat Lanjut Terus Usai Disuntik Rp23 Triliun dari AIIB

Kemudian diresmikan pada Oktober 2013, nama Mandara diberikan oleh Presiden SBY yang berarti maju, aman, damai dan sejahtera.

Jalan tol ini dibangun di atas 14.000 tiang pancang yang ditanam di dasar laut.

Ditanam dengan kedalaman mulai dari 2 meter sampai 4 meter dan dalam pembangunannya jalan tol ini menghabiskan biaya Rp2,5 triliun.

Baca Juga: Demi Bangun Jalan Tol Jogja Cilacap, Kebumen Harus Rela Wilayahnya Kena Gilas Lahan hingga Puluhan Desa Terdampak

Jalan tol Bali Mandara merupakan keajaiban infrastruktur di atas laut Indonesia karena dibangun dengan teknologi dan fasilitas yang memadai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat