bdadinfo.com

Bye-bye Macet! Bangkinang – Koto Kampar Enggak Sampai 30 Menit, Konektivitas Baru Sumbar-Riau Kapan Beroperasi Penuh?  - News

Bye-bye Macet! Bangkinang – Koto Kampar Enggak Sampai 30 Menit, Konektivitas Baru Sumbar-Riau Kapan Beroperasi Penuh? (hutamakarya.com)

Provinsi Riau saat ini tengah menggesa salah satu mega proyek pembangunan jalan tol di wilayahnya.

Bersama dengan masyarakat yang semakin tak sabar menantikan jalan tol baru di Riau untuk tuntas dan segera beroperasi dalam waktu dekat.

Dengan hadirnya jalan tol tersebut, rute perjalanan Bangkinang – Koto Kampar menjadi singkat tak sampai 30 menit waktu tempuh.

Baca Juga: Intip Progres Pembangunan Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia di Sumatera Selatan, Benarkah Tuntas 2024?

Masyarakat tak perlu lagi merasakan kemacetan jika bepergian ke Bangkinang – Koto Kampar seperti saat melalui jalan arteri.

Jalan tol yang dimaksud yakni jalan tol seksi Bangkinang – Pangkalan tahap 1 Bangkinang – Koto Kampar yang merupakan bagian dari jalan tol Padang – Pekanbaru yang juga adalah bagian ruas utama atau backbone dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Jalan tol tersebut memiliki panjang lintasan mencapai 24,7 km dan sudah mulai dibangun sejak tahun 2019 silam.

Baca Juga: Sepadan dengan Biaya Pembangunannya yang Fantastis, Tol Bayung Lencir – Tempino Bisa Hubungkan 3 Provinsi Besar di Sumatera 

Dalam pembangunannya, dana investasi yang dikucurkan yakni senilai Rp4 triliun dan ditargetkan bisa selesai pada tahun keempat sejak pertama kali dibangun.

Dengan begitu, jalan tol Bangkinang – Koto Kampar ditargetkan tuntas sekitar tahun 2023 atau 2024.

Jalan tol tersebut merupakan jalan tol yang nantinya bisa dijadikan konektivitas baru untuk Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Baca Juga: Menteri PUPR Desak Dukungan Pemerintah Daerah Demi Kecepatan Konstruksi Tol Padang-Sicincin, Progres Terkini Sudah 47 Persen: Kelar Masih Lama?

Oleh karena itu, jalan tol Bangkinang – Koto Kampar menjadi salah satu bagian dari ruas jalan tol Padang – Pekanbaru di seksi Bangkinang – Pangkalan.

Untuk sekadar informasi, pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru sendiri dibangun secara bertahap dan terbagi ke dalam enam seksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat