bdadinfo.com

Selesai Tahun Ini, Bendungan Berkapasitas 12,18 Juta Meter Kubik Ini Dibangun dengan Anggaran Rp1,4 Triliun, Ada Dimana? - News

Pembangunan Bendungan Meninting (sda.pu.go.id)

- Bendungan berkapasitas super besar bakal dipastikan selesai di tahun ini juga.

Bendungan ini memiliki kapasitas daya tampung mencapai 12,18 juta meter kubik serta tinggi mencapai 74 meter.

Bendungan yang diproyeksikan untuk penyuplai air baku ini juga dapat mereduksi banjir sebesar 36 meter kubik.

Baca Juga: Andre Rosiade: 'Lautan' Manusia Padati Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di Kota Pariaman

Bendungan yang memiliki genangan maksimal mencapai 53 hektare ini juga dapat digunakan untuk irigasi pertanian seluas 1.559 hektar.

Tidak main-main dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, bendungan ini diperkirakan menelan biaya anggaran senilai Rp1,4 triliun.

Telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2018, bendungan ini diprediksi bakal selesai tahun ini juga, sekitar pertengahan tahun 2024.

Baca Juga: Dinyatakan Hilang, Bocah 14 Tahun di Bukittinggi Ditemukan Tewas di Dasar Jurang, Begini Kronologinya!

"Bulan Juli tahun 2024 mudah-mudahan selesai dan bisa diresmikan oleh presiden," ucap Lau M.Asgar, PPK Bendungan Meninting, BWS NT 1.

Berlokasi si Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Bendungan Meninting dibangun.

Bendungan Meninting bakal menjadi bendungan yang menjadi penyuplai air bersih untuk masyarakat wilayah Kota Lombok sekaligus dapat mengurangi debit banjir.

Baca Juga: Progres Terbaru Pembangunan IKN: Plaza Ceremony Hijau dan Cantik, Pembangunan Istana Negara, dan Infrastruktur Pendukung

Air hujan akan tertampung dengan hadirnya bendungan ini sehingga dapat mengurangi debit banjir yang melanda masyarakat Kota Lombok.

Ketersediaan air yang ada di Bendungan Meninting kemudian dapat mendukung suplai air ke daerah lain terutama ke Lombok Tengah dan Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat