bdadinfo.com

Profil 2 Jalan Tol Terbaru Sumatera Utara yang Baru saja Diresmikan Jokowi: Proyek Paling Ditunggu Masyarakat Sumut - News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan 2 jaaln tol terbaru Sumatera Utara, Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Jalan Tol Indrapura-Limapuluh.  (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

- Provinsi Sumatera Utara baru saja meresmikan dua buah proyek jalan tol rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Dua proyek infrastruktur jalan tol tersebut telah selesai konstruksinya dan diresmikan pada Rabu, 7 Februari 2024 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedua jalan tol terbaru Sumatera Utara tersebut adalah ruas Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan ruas Jalan Tol Indrapura - Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh.

Baca Juga: Asyik! Ruas Jalan Tol Indrapura-Kisaran Sepanjang 47 Km di Sumatera Utara Sudah 100 Persen: Aspal Tol Sumut Makin Panjang Meninggalkan Daerah Lain

Kedua jalan tol baru Sumatera Utara ini  begitu penting kehadirannya karena menjadi bagian dari jalan tol kunci di daerah yang beribukotakan Kota Medan ini.

Berikut profil dari dua jalan tol terbaru Sumatera Utara yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi:

  1. Jalan Tol Tebing Tinggi Indrapura 

Jalan Tol Tebing Tinggi Indrapura Merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Kutepat yang memiliki panjang total 142 km.

Baca Juga: Tinggal Menunggu SK, Seksi Tol Padang-Pekanbaru ini Progresnya Sudah 98 Persen: Menghitung Hari Dioperasikan! 

Jalan Tol Kutepat sendiri merupakan jalan top sirip atau feeder dari Jalan Tol Trans Sumatera yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Jalan Tol Tebing Tinggi Indrapura dibangun dengan panjang lintasan mencapai 20,4 km dengan biaya pembangunan mencapai Rp3,06 triliun.

  1. Jalan Tol Indrapura Limapuluh

Jalan Tol Indrapura Limapuluh merupakan jalan tol yang dibangun menjadi salah satu seksi dari dua seksi jalan tol yang ada pada ruas Jalan Tol Indrapura - Kisaran.

Baca Juga: Belum Puas! Sumatera Utara Terus Tambah Jalan Tol Baru, Paling Anyar Sepanjang 18,98 Km Siap Diperkenalkan di Tahun 2024

Jalan Tol Indrapura Limapuluh ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti dua gerbang tol, dua Simpang susun, 11 jembatan, 17 overpass.

Jalan Tol Indrapura Limapuluh ini juga memiliki empat rest area tipe A dan B yang akan menambah kenyamanan pengguna jalan tol. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat