bdadinfo.com

Pembaruan Proyek Pembangunan Ibu Kota Nusantara: Beralih ke Energi Terbarukan dengan PLTS - News

Proyek IKN beralih ke energi terbarukan dengan PLTS (YouTube WPS Channel)

- Pada kesempatan ini akan kembali mengupdate kemajuan proyek-proyek yang sedang dibangun di ibu kota Nusantara.

Kali ini, fokusnya adalah pembaruan sumber listrik di wilayah tersebut yang telah beralih ke panel-panel surya atau sumber energi terbarukan.

Terdapat panel-panel tenaga surya yang sebagian besar telah dipasang di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW milik PLN di kawasan ibu kota Nusantara.

Pembangunan PLTS ini sejalan dengan visi ibu kota Nusantara untuk menjadi smart city atau kota pintar yang ramah lingkungan, di mana PLTS ini akan menyuplai sekitar 50 MW listrik.

Baca Juga: Progres Pembangunan Jalan Tol Segmen 3A di Ibu Kota Nusantara: Fokus pada Pembangunan Jembatan Layang

Saat ini, tahap pertama pembangunan ini di kawasan ibu kota Nusantara memperkirakan akan menggunakan sekitar 23 MW, meninggalkan sisa kapasitas sekitar 27 MW untuk tahap-tahap berikutnya.

Selain panel-panel tenaga surya yang sudah terpasang, ada pula fasilitas lain seperti rumah pengelola, rumah ibadah, dan fasilitas utilitas seperti rumah trafo dan rumah baterai.

Konsep Smart Forest City merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan ibu kota Nusantara, di mana semua sumber energi dan kendaraan akan beralih ke listrik yang berasal dari energi terbarukan seperti PLTS yang terpasang.

Baca Juga: Aston Martin Luncurkan Mobil Baru Mereka Hari Ini, Siap Raih Kemenangan Perdana di F1 Musim 2024?

Pembangunan PLTS ini dimulai tahun lalu dengan ground breaking oleh Presiden Joko Widodo.

Seperti dikutip dari YouTube WPS Channel, diperkirakan PLTS ini akan selesai pengerjaannya dalam waktu dekat.

Pembangunan energi terbarukan semakin masif di Indonesia, dan PLTS menjadi alternatif yang menjanjikan.

Baca Juga: Perkembangan Terbaru Konstruksi Tol Jogja Solo Seksi 2 Paket 2.2 Telah Mencapai 21 Persen: Progres, Tantangan, dan Harapan

PLTS tidak hanya dapat dipasang di atas lahan, tetapi juga di danau atau waduk seperti PLTS Cirata di Purwakarta, Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat