bdadinfo.com

Kalah dari Sumut, Menang dari Riau! Sumbar Cukup Diminati Wisatawan Mancanegara: Paling Banyak Dikunjungi Turis dari Negara Ini - News

Kalah dari Sumut, Menang dari Riau! Sumbar Cukup Diminati Wisatawan Mancanegara: Paling Banyak Dikunjungi Turis dari Negara Ini (dispar.sumbarprov.go.id)

Pulau Sumatera memang memiliki destinasi wisata yang menjadi daya tarik bagi banyak turis baik lokal maupun mancanegara.

Maka tak heran, sejumlah provinsi di Sumatera ini mampu menarik turis asing bahkan hingga jutaan jiwa.

Salah satunya adalah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang meskipun masih harus kalah dari Sumatera Utara (Sumut), tetapi cukup membanggakan dengan berhasil menang angka dari Riau.

Baca Juga: Mantap! Jalan Beraspal Secara Menyeluruh di Kawasan Talaud Tuntas 2024, Pemerintah Habiskan Biaya Rp1,13 Triliun

Artikel ini akan membahas 5 provinsi di regional Sumatera yang mampu didatangi turis asing paling banyak.

Rata-rata turis asing yang datang biasanya dari Malaysia, Singapura, dan Cina. Nah berikut urutannya.

Provinsi Aceh

Banyaknya turis berkunjung ke Aceh karena telah dibukanya kembali penerbangan langsung dari Aceh ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga: Mantap! Menteri PUPR Ungkap Jalan Tol Padang-Sicincin Masuk Daftar Tol yang Akan Beroperasi Tahun 2024, Bulan Kapan Ya?

Selama tahun 2023, tercatat di BPS Aceh ada sebanyak 25.244 wisatawan asing yang berkunjung ke provinsi ini.

Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya angka ini mengalami peningkatan.

Kendati demikian, angka tersebut masih kalah banyak jika dibandingkan dengan sebelum Covid-19 melanda.

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin Target Tuntas Juli 2024, Lanjut Gaspol Tol Padang-Pekanbaru Seksi 2: Wagub Sumbar Langsung ke Jakarta Demi Bahas 4 Proyek Ini 

Sebelumnya ada dua pintu masuk internasional, namun pada 2023 hingga saat ini hanya satu pintu kedatangan internasional yang dibuka yaitu dari Bandara Sultan Iskandar Muda yang terletak tidak jauh dari Kota Banda Aceh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat