bdadinfo.com

Diharap Tetap Memihak pada Masyarakat, Jokowi kepada MA: Putusan Pengadilan Harus Memberikan Rasa Keadilan - News

Presiden dalam Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung (MA) berpesan untuk senantiasa menjaga kualitas putusan demi kemajuan bangsa  (X @jokowi/ foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Vico)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada Mahkamah Agung (MA) untuk tetap bisa menjaga kualitas putusan dan bisa memihak kepada masyarakat.

Pada Sidang Istimewa Laporan Tahunan MA tersebut, Jokowi menegaskan bahwa lembaga tinggi negara tersebut harus tetap menjaga rasa keadilan dalam setiap putusannya.

Dikutip dari laman X @jokowi, menurut Presiden ke-7 dan 8 tersebut, menegaskan bahwa masyarakat sendiri makin kritis.

Baca Juga: 7 Alasan Menginap di Pacific Palace Hotel! Pengalaman Unik di Hotel Bentuk Kapal Pesiar

Oleh karena itu dirinya menginginkan MA untuk tetap berpihak kepada masyarakat dalam setiap putusan yang dibuat.

“Bahwa putusan pengadilan harus dapat memberikan rasa keadilan serta kepastian hukum,” kata Jokowi dalam acara tersebut Selasa, 20 Februari 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Presiden Jokowi lantas menginginkan bahwa keputusan yang dibuat oleh MA bisa membawa dan mendukung pembangunan bangsa dan negara menuju Indonesia Maju.

Baca Juga: Tergabung Geng Tai, Anak Vincent Rompies Terlibat Kasus Perundungan Siswa SMA: Polisi Segera Lakukan Gelar Perkara

Jokowi dalam acara sidang tersebut juga menyampaikan, bahwa kunci sukses Mahkamah Agung karena adanya kualitas para hakim yang mempuni.

Sumber daya manusia (SDM) hakim yang berintegritas serta profesionalisme merupakan langkah konkret dalam membentuk suatu putusan untuk keputusan yang berintegritas dalam kemajuan bangsa.

“Kepekaannya terhadap rasa keadilan masyarakat, kepekaannya terhadap perkembangan zaman termasuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Anak Jadi Terduga Pelaku Bullying, Vincent Rompies Pernah Rasakan Pertanda: Pasti Semua Ada Ujungnya

Presiden Jokowi sangat berterima kasih kepada MA yang sepanjang tahun 2023, sudah bekerja keras untuk sistem peradilan bangsa.

Presiden sendiri sangat mengapresiasi kemajuan MA yang telah memutus hingga 99,47 persen mengenai perkara sepanjang tahun 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat