bdadinfo.com

Jumlah Posisi CASN di IKN Tahun 2024 Sebanyak 225.000, Inilah Persyaratan Utama dan Jadwal Pendaftaran - News

Pemindahan IKN, baru serius digarap oleh Presiden Joko Widodo. Pada tanggal 29 April 2019, Jokowi memutuskan untuk memindahkan IKN keluar pulau Jawa dan dicantumkan dalam RPJMN 2020-2024.


- Tahun 2024, menjadi tahun penting bagi Pemerintahan Indonesia untuk membuka Lowongan CPNS, yang ingin bekerja dan bisa melihat langsung proses pembangunan IKN.

Meskipun IKN hingga saat ini masih belum sepenuhnya jadi, tetapi CPNS mendapat kesempatan untuk bisa melihat pemandangan yang belum pernah lihat sebelumnya.

Tahun ini, Pemerintah telah membuka lowongan sebanyak 225.000 yang ditargetkan untuk ditempatkan kerja di IKN, sebagai bentuk komitmen baru dalam kemajuan wilayah IKN.

Baca Juga: Proyek Jalan di Sumatera Barat Menanti Belas Kasihan dari Presiden Terpilih Meskipun Gubernur Sumbar Sudah Mati-matian Memperjuangkannya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pendaftaran CPNS ke IKN, akan dilaksanakan pada bulan Maret 2024.

"Targetnya pada bulan Maret ini," Ungkap Azwar Anas, sebagaimana dikutip dalam ungkapan yang disampaikan pada Senin, 26 Februari 2024.

Pendaftaran CPNS bagi yang merupakan lulusan baru atau Fresh Graduate dari Universitas ternama, juga akan diprioritaskan untuk mengisi kebutuhan di IKN.

Baca Juga: Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 165 Subtema 3 Pembelajaran 2

Anas mengatakan, bahwa pemerintah pusat telah membuka lebih dari 200.000 lowongan CPNS pemerintah pusat di IKN, yang akan dibuka pada bulan Maret 2024.

"Jadi ada 225.000 lulusan baru di pemerintah pusat. Berarti saat ini sejak diumumkan, sehingga nanti apakah tahun ini, dua atau tiga tahun lagi mereka akan pindah ke IKN, pasti langsung pindah," ucap Anas.

Lebih lanjut, Menpan RB mengatakan bahwa ASN yang merupakan Lulusan terbaru yang diterima menjadi PNS, akan dipindahkan ke IKN pada tahun 2024, 2025, dan 2026 mendatang.

Azwar Anas juga menjelaskan bahwa pembukaan pendaftaran CPNS 2024, tergantung pada kesiapan verifikasi formasi dari Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah.

Verifikasi tersebut, bertujuan untuk memastikan bahwa formasi yang diajukan sesuai dengan arahan Presiden, tentu proses verifikasi akan menentukan kebutuhan calon pegawai yang akan ditempatkan di IKN.

Verifikasi formasi nantinya, ditargetkan selesai pada bulan Maret, Namun masih tergantung pada verifikasi untuk calon pegawai yang akan ditempatkan di IKN.

Baca Juga: Gaza Kembali Berdarah, Pasukan Israel Tembaki Ratusan Warga Ketika Antre Makanan

Kualifikasi dan kebutuhan tenaga kerja di IKN menjadi perhatian utama, agar tenaga yang direkrut mampu meningkatkan produktivitas dan berkontribusi secara efektif di lingkungan kerja baru tersebut.

Pendaftaran untuk CPNS akan dibuka dalam 3 periode. Sebelumnya pada periode pertama nanti dijadwalkan pada bukan Maret, namun diundur hingga bulan April 2024 :

- Periode I : April 2024.
- Periode II : Juni 2024.
- Periode III : Agustus 2024.


Berikut ini merupakan syarat dokumen pendaftaran, yang diperlukan pelamar untuk mendaftar CPNS tahun 2024, ini persyaratannya :

- KTP (Kartu Tanda Penduduk), atau Surat Keterangan dari Disduk Capil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil)
- KK (Kartu Keluarga).
- Ijazah dan transkrip nilai.
- Pas foto.
- Swafoto.
- Dokumen yang diperlukan, sesuai instansi pemerintah atau kementerian.

Baca Juga: Kunjungan Rumah Ibu Nifas di Kecamatan Lunang Pesisir Selatan Ditingkatkan

Dengan persiapan yang matang dan transparan dalam proses rekrutmen, diharapkan pembukaan lowongan CPNS tahun 2024 akan berjalan lancar dan menghasilkan ASN berkualitas.

Yang tentu saja siap mengabdi bagi kemajuan negara, terutama dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, sebagai warisan terbaru untuk kota menggantikan Jakarta.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat