bdadinfo.com

Bandara Naratetama di Ibukota Negara Siap Uji Coba Juli 2024: Progres Pembangunan dan Fokus Kelestarian Lingkungan - News

Presiden Jokowi menyebut bahwa warga Singapura diperkenankan untuk datang dan tinggal ke IKN menuai kontroversi (Pexels)

- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah memastikan bahwa Bandara Naratetama atau Very Very Important Person (VVIP) di Ibukota Negara (IKN) akan melalui tahapan uji coba pada bulan Juli 2024. 

Menurutnya, proyek pembangunan bandara tersebut telah sesuai dengan rencana, dengan progres yang baik dan tetap memperhatikan kehijauan alam sekitarnya.

“Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar. Saya harap pembangunan Bandara IKN dapat sesuai rencana, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti,” ujar Menhub. 

Baca Juga: Prediksi Ekonomi tentang Nasib IKN Jika Prabowo Subianto Pimpin RI, Tantangan dan Perubahan Infrastruktur ke Depan

Seperti yang dikutip dari YouTube Pers Lokal Budi Karya juga menjelaskan bahwa saat ini, pekerjaan lanjutan sedang dilakukan di lokasi pembangunan bandara.

Termasuk area peribadatan, rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan, perimeter barat, dan parkiran untuk VIP. 

Selain itu, pembukaan jalan akses utama, penyelesaian bore pile Terminal VIP dan VVIP, serta pekerjaan land clearing di area Embung juga sedang dilakukan.

Baca Juga: PT Menara Utama Perkasa Berencana Bangun Manasik Center Sebagai Destinasi Wisata Religi: Kerja Sama dengan JFG dan Renovasi Masjid Besar di Indonesia

Bandara Naratetama ini dirancang dengan luas Terminal sebesar 7.350 m² dan landasan pacu sepanjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter.

Sehingga mampu menampung pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300ER dan Airbus A380. 

Kemampuan apronnya juga dapat menampung tiga pesawat berbadan besar atau satu pesawat berbadan kecil, serta memiliki kapasitas helipad untuk tiga helikopter.

Spesifikasi lain dari Bandara VVIP IKN meliputi Terminal VVIP, Terminal VIP, parkir, pos pemeriksaan, hanggar, catering, rumah pompa, dan berbagai fasilitas lainnya. 

Baca Juga: Burung Garuda Raksasa Jadi Pusat Perhatian di Ibu Kota Nusantara: Rencana Pemindahan Kantor Presiden dan Proses Pemasangan Sayapnya

Konsep desain Terminal bandara tersebut akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dengan modernitas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat