bdadinfo.com

Progres Segmen 1 dan 2 Rampung! Kostruksi Jalan Tol Terpanjang Segmen 3 Segera Rampung, Hubungkan Bogor ke Sukabumi Bakal Arus Mudik Lebaran 2024 - News

Jalan Tol Bocimi, Bogor  (traveljakartabandung.com)

 

- Mega proyek strategis nasional Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) yang dicanangkan oleh Pemerintah dikabarkan Segmen 3 segera rampung dalam waktu dekat. 

Tujuan dibangunnya Tol Bocimi yang diharapkan bisa mengurangi kemacetan selama ini terjadi bila ada perjalanan yang menuju ke arah Sukabumi.

Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) yang dilengkapi dengan empat Segmen meliputi Segmen 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35km.

Baca Juga: Menuju Indonesia 2045, Pusat Riset dari Berbagai Kampus di Indonesia dan Dunia Sepakat Dibangun di IKN, Siapa Saja yang Sudah Daftar?

Segmen 2 Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9km dan Segmen 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70km serta Segmen 4 Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05km.

Diketahui Jalan Tol Bocimi sepanjang 53,6km ini terbagi dalam empat segmen yang menghubungkan Kota Bogor, Kab. Bogor dengan Kota Sukabumi dan Kab. Sukabumi.

Menteri PUPR, Basuki menerangkan bahwa konstruksi proyek tersebut saat ini akan difokuskan pada Tol Bocimi Segmen 3 ruas Cibadak - Sukabumi Barat.

Baca Juga: Kementerian PUPR Cepatkan Pembangunan Infrastruktur di Ibukota Nusantara untuk Kedatangan Presiden Jokowi dan Peringatan Kemerdekaan

Ruas Jalan Tol Cibadak - Sukabumi yang tidak lama lagi akan segera rampung dan diresmikan usai Lebaran Idul Fitri 2024 sebagaimana dikutip dari topkonstruksi.com.

Namun dari keempat segmen seperti Segmen 1 Ciawi - Cigombong telah beroperasi sejak Desember 2018 dan Segmen 2 Cigombong - Cibadak telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2023.

Keterangan resmi dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan bahwa rencana proses pembangunan tol Bocimi sudah direncanakan sejak tahun 1997.

Baca Juga: Safari Ramadan di Pasaman, Gubernur Sumbar Imbau Pemuda Makmurkan Masjid

Diharapkan dengan pembangunan Jalan Tol Bocimi ini waktu tempuh berkendara melewati Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi akan lebih cepat dalam memberikan dukungan mobilitas kendaraan logistik di Jawa Barat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat