bdadinfo.com

Progres Pembangunan Infrastruktur IKN Tahap 1 di Ibukota Negara Nusantara Berlangsung Cepat - News

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, mengupdate progres pembangunan di Ibukota Negara Nusantara dengan progres pembangunan tahap 1 IKN mencapai 77%, termasuk pembangunan Istana Kepresidenan, Lapangan Upacara, dan infrastruktur jalan tol.

- Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, mengupdate progres pembangunan di Ibukota Negara Nusantara, Kalimantan Timur, hingga pertengahan Maret 2024. 

Progres pembangunan tahap 1 IKN telah mencapai 77%, dengan fokus utama pada proyek-proyek infrastruktur dasar di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KPP).

Seperti Istana Kepresidenan dan Lapangan Upacara yang ditargetkan untuk menjadi tempat pelaksanaan Upacara HUT RI 2024 mendatang.

Baca Juga: Prediksi North West Derby 17 Maret 2024, Momentum Gelar Perdana Manchester United vs Asa Quadruple Liverpool di 2024

Selain itu, progres pembangunan infrastruktur jalan tol di IKN tahap 1 juga semakin berprogres maju. 

Seksi 3A Karang Jawang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 KM telah mencapai 72%, seksi 3 BKKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,3 KM mencapai 74%, dan seksi 5A Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 KM sudah mencapai 78%. 

Ketua Satgas, Danis, optimis bahwa jalan tol ini dapat dioperasikan secara fungsional pada Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: Kasus Korupsi Rumah Sakit Bangkinang Telah Diselidiki, Polda Riau Menangkap 2 Mantan Direktur yang Terlibat dalam Korupsi

Pada bulan Juni mendatang, akan dicoba secara fungsional dari jalan tol Balikpapan - Samarinda exit di GT Karang Joang, jalan akses Kariangau sampai ke arah jembatan Pulau Balang hingga KPP. 

Konektivitas TKN saat ini masih dinilai belum efektif karena masyarakat harus memutar melalui jalan tol hingga km 38 yang memakan waktu lebih dari 2 jam. 

Namun, dengan beroperasinya jalan tol IKN ini, ditargetkan waktu tempuh menuju IKN menjadi lebih singkat, sekitar 60 menit.

Baca Juga: Bukan hanya Menjadi Penentu Kemenangan, Cristiano Ronaldo Sukes Torehkan Rekor Ini Bersama Al Nassr

Selain itu, pembangunan lainnya seperti seksi 6A Rencana Ring Road IKN dan seksi 6B Rencana Outering Road Simpang 3 I sudah dimulai pengadaan tanahnya pada Januari 2024 lalu.

Seperti yang dikutip dari YouTube Top Konstruksi, progres konstruksi di seksi 6 sebesar 4,8% dan seksi 6B 17,5%. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat