bdadinfo.com

Kerahkan Penuh Tenaga! Kalimantan Selatan Segera Dimulai Proyek Jembatan Terunik Bakal jadi Penghubung Jalur ke IKN di Kaltim Senilai Rp2,8 M - News

Jembatan Kembar Paringin, Kalsel (Freepik)

- Pengerjaan mega proyek di Kalimantan Timur masih belum kunjung rampung dan beroperasi sepenuhnya termasuk Jembatan terunik yang jadi penghubung jalur ke IKN. 

Rencananya provinsi Kalimantan Selatan akan membangun proyek Jembatan terpanjang yang dapat menjadi penghubung Jalur Akses menuju ke Ibu Kota Nusantara (IKN). 

DPRD Balangan sangat mendukung penuh pembangunan Jembatan kembar di Paringin oleh pemerintah pusat melalui Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Kalsel.

Baca Juga: Jawa Timur Punya! 9 Destinasi Wisata Eksotik Asyik Buat Habiskan Waktu Bersama Keluarga, Sudah Tahu?

“Kami sangat mendukung pembangunan jembatan kembar di sini. Alhamdulillah, sekarang sudah terlihat mulai dikerjakan,” tutur Ketua Komisi III DPRD Balangan, Hafiz Aansari. 

Menurut Komisi V DPR RI, Syaifullah Tamliha, telah selayaknya jembatan kembar di Paringin ini dibangun dengan mengurangi beban Jembatan Paringin sempat rusak beberapa waktu lalu.

“Apalagi jalur ini merupakan poros utama menuju ke kawasan Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Penajam dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur,” ujar Syaifullah.

Baca Juga: Sumatera Barat Gigit Jari, Proyek Tolnya Gagal Terkoneksi dengan Ruas Utama JTTS di Tahun 2024: Pengamat Bocorkan Alasan Dibaliknya!

Terlebih, inilah jalur penghubung ke Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah sebagai salah satu jalur utama menuju ibukota negara baru nantinya.

Dengan dibangunnya Jembatan Kembar agar arus transportasi menjadi lebih lancar dan menciptakan kenyamanan bagi pengguna jalan dan warga sekitar dalam beraktivitas.

Demi menunjang pembangunan jembatan kembar tersebut, pemerintah daerah kabupaten Balangan melakukan pelebaran jalan nasional yang ada di kawasan pusat kota Paringin. 

Baca Juga: 6 Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia, Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 176 177 Kurikulum Merdeka

Kawasan pusat kota Paringin yang dimulai dari bundaran Paringin hingga depan eks Kantor BRI cabang Paringin. 

Dan saat ini mulai dikerjakan proyek jalur akses dengan menggunakan anggaran daerah atau APBD Kabupaten Balangan sebesar Rp2,8 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat