bdadinfo.com

Burung Garuda Megah di IKN: Proses Pemasangan Selubung Istana Presiden - News

 Bangunan istana presiden yang megah di Ibu Kota Nusantara, dirancang oleh I Nyoman Nuarta, telah menarik perhatian dengan selubungnya yang mencolok. Proses pemasangan bila-bilah Garuda sedang berlangsung, dengan target selesai hingga Mei mendatang.

- Burung Garuda raksasa di Ibu Kota Nusantara telah berdiri megah di kawasan inti pusat pemerintahan.

Menjadi bangunan yang paling mencolok secara visual dengan bila-bilah sebagai selubung. 

Selubung tersebut merupakan istana presiden yang dirancang oleh Master Patung Indonesia, I Nyoman Nuarta, yang berasal dari Bali. 

Baca Juga: Bupati H. Khairunas: Penyerahan Beras Bantuan Harus Gercep!

Bila-bilah tersebut membentuk kepakan sayap Garuda yang nantinya akan menjadi tempat kantor Presiden Republik Indonesia.

Pada bulan Juli, Aparatur Sipil Negara (ASN) ditargetkan akan dipindahkan ke tempat tersebut, dan bulan depannya akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan upacara 17 Agustus tahun ini. 

Nyoman menyatakan bahwa hasil pekerjaan struktur dan pemasangan bila Istana Presiden ini tentu sesuai dengan desain yang telah dibuatnya.

Seperti yang dikutip dari YouTube BorneoTube, karena ia sendiri yang merancang dan mengerjakannya dengan timnya.

Baca Juga: 224 Pelajar SMA/SMK Sederajat Ikuti Seleksi Paskibraka Tahap II di Solsel

Perancangan struktur bet dan pemasangan bila Garuda tersebut dilakukan di bengkel kerja atau workshop miliknya di Bandung.

Kemudian dirakit di Sepaku dan dipasang di lokasi proyek Ibu Kota Nusantara. 

Saat ini, sekitar sepertiga dari jumlah bila-bilah yang akan menyelimuti kantor presiden sudah terpasang, sekitar 12.280-an.

Sementara masih ada sekitar 3.300-an bila-bilah yang belum terpasang.

Flashback pengiriman perdana bila-bilah selubung Garuda ini dilakukan pada 30 Agustus 2023 lalu, sekitar 7 bulan yang lalu, yang menunjukkan bahwa pemasangan bila ini agak terlambat karena main strukturnya yang terlambat selesai. 

Baca Juga: Progres Pembangunan Ibukota Nusantara: Langkah Presiden Jokowi dalam Mempercepat Investasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat