bdadinfo.com

Tolong Sabar Sedikit! Konstruksi Proyek Bendungan Termegah Bakal Ampuh Kendalikan Banjir Tapi Molor, Lokasinya di sini - News

Bendungan Riam Kiwa, Kalsel (Freepik)

- Pembangunan Bendungan termegah ini tengah dalam tahap persiapan yang baru akan dimulai di Kalimantan Selatan yakni Bendungan Riam Kiwa

Bendungan Riam Kiwa yang terletak di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Satker Bendungan Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Selo Kahar mengatakan, saat ini bendungan Riam Kiwa.

Baca Juga: Kabupaten Banyuwangi Miliki Bandara Termegah dan Berkelas Plus Pertama di Indonesia yang Mengusung Konsep “The Green Building”

Adanya Bendungan Riam Kiwa dalam tahap persiapan lelang di Ditjen Bina Konstruksi melalui Pokja Khusus mempertimbangkan skala dan nilai pekerjaan.

“Harapan kami bisa cepat berperoses. Sehingga setelah selesai lelang nanti bisa langsung dikerjakan pembangunan fisik,”

“ujar pada rapat tindak lanjut pembangunan bendungan Riam Kiwa di Ruangan Aberani Sulaiman Setda Kalsel, Banjarbaru pada Rabu 1 Februari 2023. 

Baca Juga: Mengungkap Keindahan Alam Desa Wisata Cipta Karya Provinsi Seribu Sungai, Desa Terindah Peraih ADWI 2023 di Kalimantan Barat

Kementerian PUPR telah menyampaikan bahwa persyaratan kualifikasi yang digunakan untuk proses lelang kepada CEXIM Bank (Lender/Pemberi Pinjaman). 

(Lender/Pemberi Pinjaman) untuk kemudian diterbitkan persetujuan dan shortlist serta dimulainya proses lelang. 

Namun saat ini, kebutuhan laham Bendungan Riam Kiwa seluas 765,70 ha pada kawasan hutan telah diproses melalui PK RTRW Provinsi Kalsel.

Baca Juga: Volume Benda Padat serta Cair, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 45-50 dan 55 Subtema 1 Pembelajaran 5-6

Selain itu, soal Kebutuhan lahan bendungan Riam Kiwa seluas 5,81 hektare pada kawasan Area Penggunaan Lain (APL) telah diproses.

Diketahui saat ini, pada tahap kegiatan Identifikasi dan inventarisasi oleh Satgas A & B Kantor Pertanahan/BPN Kabupaten Banjar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat