bdadinfo.com

Horee! Bendungan Raksasa Se-Indonesia dan Multifungsi Disambungkan ke 3 Provinsi Sekaligus, Tapi Harus Tenggelamkan 11 Desa? - News

Bendungan Karian, Jabar (Freepik)

- Pengerjaan proyek Bendungan yang masuk kedalam daftar PSN inilah baru saja diresmikan oleh presiden Jokowi pada Senin 8 Januari 2024. 

Bendungan yang bakal jadi terbesar ataupun raksasa ini telah dikenal sebagai Bendungan yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Pernyataan semakin kuat dengan Jokowi mengatakan Bendungan Karian dibangun sejak 2015 dengan menelan anggaran biaya sebesar Rp2,27 T. 

Baca Juga: Bangkitnya Indonesia! Inilah 10 Mega Proyek yang Diresmikan pada Era Kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono hingga Joko Widodo

Bahkan Bendungan ini memiliki volume tampungan sebesar 315 juta meter kubik yang memiliki luas genangan sebesar 1.773 Hektare.

“Pada sore hari ini kita resmikan Bendungan Karian yang menjadi salah satu bendungan terbesar yang kita bangun di Indonesia,” tutur Presiden Jokowi. 

Bendungan Karian akan memberikan manfaat bagi masyarakat di Provinsi Banten, DKI Jakarta dan sebagian kecil di Jawa Barat.

Baca Juga: Tidak akan Kesasar! IKN Siapkan Tiang Listrik Cerdas untuk Berikan Petunjuk Arah yang Akurat

“Pertama, manfaat irigasi bagi 22.000 Ha sawah. Kedua, akan memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 14,6 m3 per detik di Kabupaten Serang, Kota Serang,”

“Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Jakarta Barat, dan Kabupaten Bogor,” tegas Jokowi.

Selain itu, Bendungan Karian juga memiliki manfaat reduksi banjir bagi kawasan hilir bendungan sebesar 60,8 juta meter kubik. 

Baca Juga: Indonesia dan Rusia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Antar Parlemen

Sehingga dibangunnya Bendungan Karian akan mereduksi daerah genangan sebesar 164 Ha di Kecamatan Rangkasbitung.

Kabupaten Lebak dan 1.027 Ha di Kabupaten Serang dan bermanfaat sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) dengan kapasitas sebesar 1,8 MegaWatt. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat