bdadinfo.com

Pemeliharaan Jalan Tol Dilakukan pada Tol Terpeka dan Tol Permai: Mana yang Lebih Dulu Tuntas dan Siap Sambut Momen Mudik Lebaran 2024?  - News

Pemeliharaan Jalan Tol Dilakukan pada Tol Terpeka dan Tol Permai: Mana yang Lebih Dulu Tuntas? (bpjt.pu.go.id)

Pemeliharaan jalan tol biasa dilakukan menjelang hari-hari di mana jalan tol diprediksi mengalami kenaikan volume lalu lintas kendaraan.

Salah satunya saat menjelang momen mudik lebaran, di tahun 2024 ini Hutama Karya pun turut memastikan kesiapan jalan tol yang dikelolanya demi menyambut dan melayani pemudik.

Pemeliharaan jalan tol dilakukan di tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) di Lampung dan tol Pekanbaru – Dumai (Permai) di Riau.

Baca Juga: Jelang Momen Lebaran 2024, Hutama Karya Lakukan Pemeliharaan Tol Lampung dan Riau: Sejauh Mana Persiapannya Demi Bisa Dilewati Saat Mudik?

Upaya pemeliharaan dilakukan secara rutin di sejumlah titik pada kedua jalan tol tersebut dan dikebut agar dapat selesai tepat waktu sebelum dimulainya momen mudik lebaran 2024.

Sebagai informasi, titik lokasi pemeliharaan di Tol Terpeka terletak di KM 147 – KM 190.

Untuk itu pengguna jalan tol diimbau agar selama masa pemeliharaan untuk dapat memperhatikan rambu-rambu yang terpasang sedari 1 km sebelum titik lokasi pemeliharaan dan diimbau juga untuk senantiasa berhati-hati saat melintas.

Baca Juga: Enggak Main-main! Rupanya Ide Tercetusnya Tol Yogyakarta-Bawen Didasari 3 Alasan Ini: Semarang dan Jogja Makin Cepat

Kemudian, untuk metode yang digunakan pada tol Terpeka adalah metode beton rigid atau pun dengan flexible pavement disesuaikan terhadap perkerasan existing dari jalan tol, agar pengguna jalan tol dapat merasakan kualitas jalan tol yang semakin nyaman.

“Kami pastikan perjalanan pemudik aman dan nyaman saat melintasi JTTS dengan seluruh pemeliharaan yang telah dilakukan oleh HK Group, sehingga akan menghadirkan pengalaman mudik yang berkesan,” ujar Tjahjo.

PT Hakaaston (HKA) selaku Jasa Layanan Operasi (JLO) dalam pengerjaan pemeliharaan pada kedua jalan tol tersebut menggunakan sebanyak 7.900 ton material beton aspal atau hotmix dengan kualitas terbaik.

Baca Juga: Ditargetkan Rampung 2025, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Beri Akses Baru dari Jogja ke Kawasan Borobudur: Berwisata Jadi Lebih Cepat 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menjelaskan bahwa untuk saat ini progres pengerjaan jalan tol Terpeka sudah mencapai 52 persen dan ditarget untuk selesai pada akhir Maret.

Sementara itu, untuk tol Permai sudah dilakukan berbagai pemeliharaan major yang tuntas lebih dulu dengan progres sudah mencapai 100 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat