bdadinfo.com

6 Juta Warga Pulau Sumatera Migrasi Keluar Daerah, Provinsi ini Jadi yang Paling Banyak Mudik ke Kampung Halaman: Nomor 1 Bukan Sumatera Barat! - News

Ilustrasi perantau asal Pulau Sumatera yang bermigrasi ke luar daerah. Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu daerah dengan perantau terbanyak. (Dok: Pemkot Bandung)

- Budaya merantau dikenal sebagian oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu usaha untuk mencari penghidupan di tempat yang baru.

Salah satu yang paling mengedepankan budaya merantau ini adalah masyarakat Sumatera Utara.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020-2022 lebih dari 6 juta penduduk wilayah Sumatera melakukan migrasi keluar atau merantau.

Baca Juga: Wow, Jajaran Masjid di Pulau Sumatera yang Jadi Masjid Termegah Se-Asia: Salah Satunya Ada di Sumatera Barat!

Berikut provinsi dengan jumlah penduduk banyak yang merantau dari Pulau Sumatera.

  1. Riau 

Provinsi Riau sebenarnya salah satu wilayah tujuan para perantau. Namun, ternyata Riau juga menjadi provinsi dengan jumlah perantau terbanyak kelima di Sumatera.

Berdasarkan hasil sensus pada tahun 2020-2022, jumlah penduduk yang melakukan migrasi keluar seumur hidup di provinsi ini adalah sebanyak 447 jiwa lebih.

Baca Juga: Lebaran Idul Fitri 2024 Pulau Sumatera Dihiasi Banyak Masjid Megah nan Mewah Kelas Wahid: Salah Satunya Ada yang Menaranya Paling Tinggi di Dunia?

Ternyata jumlah penduduk yang masuk ke Riau jauh lebih banyak dibanding dengan jumlah penduduk yang bermigrasi ke luar.

Tercatat ada sebanyak 1,8 juta jiwa penduduk yang masuk ke provinsi ini pada periode yang sama.

Penduduk provinsi Riau yang merantau ke daerah lain pada umumnya menetap di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau.

Baca Juga: Rekomendasi, Deretan Masjid Termegah di Sumatera Barat yang Siap Ramaikan Lebaran Idul Fitri 2024: Salah Satunya Mirip Bangunan 7 Keajaiban Dunia!

Sementara untuk luar Sumatera ialah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

  1. Lampung 

Berdasarkan hasil sensus 2020-2022, jumlah penduduk yang melakukan migrasi keluar seumur hidup di Provinsi Lampung sebanyak 776.000 jiwa atau sekitar 9 persen dari jumlah total penduduk Provinsi Lampung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat