bdadinfo.com

Jembatan Megah Terbaru Sepanjang 340 Meter di Kalimantan Timur ini Siap Hadir di Tahun 2024: Sebelum Agustus Sudah Beres! - News

Ilustrasi Jembatan Dirgahayu di Kalimantan Timur yang ditargetkan rampung di tahun 2024. (Dok: Bumi Beam Center)

- Maraknya proyek-proyek pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan aktivitas lalu lintas menuju di lokasi turut menjadi perhatian pemerintah.

Sejumlah pembangunan jalan tol di IKN beserta fasilitas penunjangnya untuk akses konektivitas yang lebih mudah terus didorong penyelesaiannya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sendiri menargetkan jalan-jalan tol akses menuju IKN dapat dilalui secara fungsional pada Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: Kontraktor Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat Ternyata Jadi yang Paling Banyak Garap Proyek JTTS: Sampai Ratusan Kilometer!

Sebagaimana diketahui, proyek-proyek pembangunan jalan tol di IKN pada tahap 1 adalah sebanyak tiga seksi.

Pertama seksi 3A Karangjoan - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km yang telah berprogres hingga 71,90 persen per 7 Maret 2024.

Seksi 3B KKT Kariangau - Simpang Tempandung sepanjang 7,32 km yang telah berprogres hingga 74,67 persen per 7 Maret 2024.

Baca Juga: Megah! Sultan Brunei Siap Eksekusi Mega Proyek Kereta Cepat Lintas 3 Negara, Salah Satu Rutenya ke IKN: Mulai Tahun 2024?

Terakhir seksi 5A Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km yang dikabarkan telah berprogres hingga 77,8 persen per akhir Maret 2024.

Sementar itu, diketahui pula pembangunan Jembatan Dirgahayu di Kalimantan Timur ini ditargetkan akan rampung di tahun 2024 ini.

Perkembangan pembangunan Jembatan Dirgahayu yang berada di Jalan Tol IKN seksi 5A per 21 Maret 2024 telah mencapai progres 76 persen pembangunan.

Baca Juga: Nyaris 3 Ribu Kilometer Jalan Tol Dipersiapkan Sambut Arus Balik Lebaran Idulfitri Tahun 2024: Mudik Terbanyak Sepanjang Sejarah!

Saat ini, pekerjaan fisik Jembatan Dirgahayu masuk ke dalam tahap pekerjaan box girder. Sementara itu pekerjaan pelengkung bawah dikatakan sudah mencapai 100 persen. 

Pekerjaan yang tersisa pun hanya pekerjaan baja pelengkung atas dan PCI girder. Jembatan Dirgahayu sendiri memang merupakan jembatan bertipe pelengkung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat