bdadinfo.com

Dapat Perhatian Dari Pusat, PUPR Temui Jepang Bahas Jalan Tol dan Terowongan Megah di Sumatera Barat: Mulai Konstruksi 2025? - News

Ilustrasi proses pembangunan Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan dan terowongan megah di Sulawesi Barat. Pemerintah Pusat dan Jepang (JICA) diketahui bertemu untuk membahas kerja sama pembangunan infrastruktur. Salah satunya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Dok: Godam Solusi Indonesia)

- Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diketahui baru saja menggelar sebuah pertemuan dengan Jepang.

Adapun pihak dari negara Jepang sendiri datang dari Japan International Cooperation Agency atau JICA.

Pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono Senior Deputy Director of Southeast Asia Division JICA Hidenori Hashimoto.

Baca Juga: Bandara Terbaru Kalimantan Timur Sudah Masuki Tahap Pengaspalan, Airport Megah Siap Hadir di Kaltim 1 Agustus 2024 Nanti: Siap Nyoba Terbang?

Adapun pertemuan tersebut diketahui dilaksanakan di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2024.

Pertemuan antara Pemerintah Pusat dan JICA tersebut untuk membahas serangkaian kerja sama dalam pembangunan infrastruktur.

Salah satunya terkait kelanjutan pembangunan mega proyek jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang didalamnya terdapat proyek banyak pembangunan jalan tol di berbagai daerah.

Baca Juga: Gusur Hampir 1000 Bidang Tanah, Proyek Jalan Penghubung Antar Tol di Provinsi Riau Siap Dirampungkan Segera: Malaysia Makin Dekat ke Sumatera Barat!

Pihak Jepang melalui JICA sendiri sudah sejak beberapa waktu kebelakang sering dikaitkan dengan proyek kerja sama pengembangan jalan tol Sicincin - Bukittinggi - Payakumbuh.

Jalan tol yang berada di Provinsi Sumatera Barat tersebut menjadi salah satu proyek yang akan melibatkan JICA dalam pembangunannya.

JICA sendiri direncanakan akan membangun proyek Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan dan juga terowongan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Lewati 5 Kelurahan di 2 Kecamatan, Jalan Pintas Antar Tol di Riau ini Serius Digarap Oleh Pemerintah Pusat: Konstruksinya Rampung Tahun 2024?

Proyek pembangunan terowongan terpanjang di Indonesia tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan. Panjangnya sendiri direncanakan mencapai 8,9 km.

Terkait waktu pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan dan terowongan megah itu sendiri belum diketahui secara pasti dan masih menunggu informasi yang lebih lanjut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat