bdadinfo.com

Hampir 200 Juta Orang Mudik Lebaran Tahun 2024, Sosok ini Dinilai Paling Bertanggung Jawab Sukseskan Arus Mudik: Sempat Tengok Proyek Sumatera Barat! - News

Ilustrasi padatnya rus mudik dan arus balik lebaran Hari raya Idulfitri tahun 2024. Sosok ini dinilai paling berperan sukseskan mudik lebaran tahun ini. Terakhir sempat menegok proyek di Sumatera Barat. (Dok: Kominfo Jatim)

- Momen mudik kali ini ada 193,6 juta orang yang melakukan perjalanan mudik angka tersebut naik 45,8% bila dibandingkan mudik tahun 2023.

Meski mengalami kenaikan yang signifikan, kelancaran arus mudik dan arus balik tetap bisa terpenuhi tentunya berkat infrastruktur yang memadai.

Salah satu infrastruktur yang paling sangat membantu perjalanan mudik lebaran Hari raya Idulfitri tahun 2024 adalah hadirnya jalan tol.

Baca Juga: Wajah Baru JTTS! Jalan Tol Trans Sumatera Kini Sediakan 6 Titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik, Cek Lokasi Lengkapnya

Dengan sebanyak 193 juta warga Indonesia melakukan mudik, angka tersebut bisa dikatakan 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia melakukan perjalanan mudik di tahun 2024 ini.

Selama 10 tahun terakhir, lebih dari 70 persen panjang jalan tol yang ada di Indonesia telah dibangun di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun total panjang jalan tol yang ada di Indonesia kini sudah mencapai 2,836 KM di mana sebelumnya hanya sepanjang 929 km.

Baca Juga: Memasuki Musim Penghujan, 5 Daerah di Sumatera Barat ini Berubah Menjadi Daerah Beku Sedingin Es: Nomor Satu Suhunya Bisa sampai 10 Derajat Celcius!

Pembangunan infrastruktur jalan tol di Pulau Jawa yang kini sudah bisa menyambungkan ujung timur dengan ujung barat Pulau Jawa. 

Tidak hanya di Pulau Jawa saja, pembangunan infrastruktur pun gencar dilakukan di Pulau Sumatera.

Pembangunan jalan tol yang dimulai pada tahun 2015 di provinsi Lampung telah menjadi pondasi awal pembangunan jaringan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Baca Juga: 5 Masjid Tercantik Se-Indonesia yang dibangun di Atas Air, Ada yang Biaya Pembangunannya Capai Rp1 Triliun: Salah Satunya di Sumatera Barat!

Hingga bulan April 2024 ini, sebanyak 6 (enam) provinsi di Pulau Sumatera yang telah memiliki jalan tolnya sendiri, seperti:

Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Sumatera Utara dan Aceh menyusul Jambi dan Sumatera Barat yang segera akan memiliki jalan tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat