bdadinfo.com

Arus Balik Lebaran 2024, Hampir 100.000 Kendaraan Melintasi Jalan Tol Trans Sumatera - News

Ilustrasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dibuka dan dioperasikan saat libur lebaran dan arus balik 2024. (Instagram: kemenpupr)



- Arus Balik Lebaran masih terus berlangsung hingga hari ini, dan banyak sekali kendaraan Mobil, Bus maupun Truk yang sudah mulai memadati arus balik.

Salah satunnya adalah JTTS, ya 'Jalan Tol Trans Sumatera', menjadi salah satu akses jalan yang paling banyak dilintasi pengendara selama menikmati libur lebaran.

Tentu saja, JTTS saat ini menjadi jalan tol yang tidak hanya diminati, tetapi juga dilintasi oleh pengendara khususnya pada masa liburan Idul Fitri tahun 2024.

Baca Juga: Berkat Peran Besar Jusuf Kalla, Sulawesi Barat Upgrade Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan hingga Bangun PLTA

PT Hutama Karya (Persero), telah mencatat Volume Lalu Lintas yang melintasi JTTS, pada periode H+3 dan H+4 pada Lebaran atau tanggal 12 hingga 13 April sebanyak 275.026 kendaraan.

Dengan peningkatan signifikan sekitar 101 persen dari VLL Normal, Peningkatan tersebut mencerminkan terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan arus Balik Lebaran di JTTS.

Selain itu, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menjelaskan bahwa kendaraan yang melintasi Tol Palembang - Prabumulih (Palindra dan Inprabu), sebanyak 22.744 kendaraan atau meningkat 94 persen dari VLL normal.

Baca Juga: Jadwal Laga Perdana Piala Asia U-23: Garuda Muda Masuk Grup Maut, hingga Langsung Lawan Tuan Rumah

Kendaraan yang melintasi Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba), sekitar 3.488 kendaraan, atau meningkat sebanyak 154 persen dari VLL normal.

"Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Bangkinang ada sekitar 10.618 kendaraan, atau meningkat sebanyak 110 persen dari Volume normal," ujar Adjib, sebagaimana dikutip dalam ungkapan yang disampaikan pada Minggu, 14 Februari 2024.

Berdasarkan data Hutama Karya, angka tersebut merupakan akumulasi dari:

Baca Juga: Heboh Diduga Adopsi Bayi Perempuan Bernama Lily, Ini Kata Raffi Ahmad

- Kendaraan yang melintasi Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Terpeka) = 54.000 Kendaraan atau meningkat sebanyak 77 persen dari VLL normal.

- Kendaraan yang melintasi Tol Palembang - Prabumulih (Palindra & Inprabu)= 46.201 Kendaraan atau meningkat sebanyak 99 persen dari VLL normal.

- Kendaraan yang melintasi Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba) = 7.726 kendaraan atau meningkat sebanyak 176 persen dari VLL Normal.

- Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Bangkinang = 23.560 kendaraan atau meningkat sebesar 93 persen dari VLL normal.

Baca Juga: Viral Warga Curhat Soal Pungli di Masjid Al Jabbar, Pemprov Jabar Janji Perbaiki SOP

- Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Dumai = 38.567 kendaraan atau meningkat sebesar 25 persen dari VLL normal.

- Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) = 47.898 kendaraan atau lebih tinggi sebanyak 194 persen dari VLL normal.

- Kendaraan yang melintasi Tol Binjai - Tanjung Pura (Binsa) = 40.217 kendaraan atau meningkat sebanyak 92 persen dari VLL normal.

- Kendaraan yang melintasi Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) = 16.953 kendaraan atau meningkat sebanyak 170 persen dari VLL normal.

Baca Juga: Menteri Keuangan Beberkan Anggaran Jokowi Kunjungi Berbagai Daerah Jelang Pemilu 2024, Dananya Mencapai Rp138,3 Miliyar

Sementara di tempat terpisah, untuk VLL dengan ruas tol fungsional tambahan selama arus Balik Lebaran 2024, yaitu :

- Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar pada periode sama sebanyak 7.953 kendaraan yang melintas.

- Tol Indrapura - Kisaran Seksi Lima Puluh - Kisaran pada periode yang sama sebanyak 18.858 kendaraan.

Baca Juga: Lakukan Rapat Darurat, Amerika dan Negara G7 Enggan Perang Terbuka dengan Iran Meski Israel Diserang Ratusan Drone dan Rudal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat