bdadinfo.com

Lakukan Rapat Darurat, Amerika dan Negara G7 Enggan Perang Terbuka dengan Iran Meski Israel Diserang Ratusan Drone dan Rudal - News

Amerika dan negara G7 enggan perang terbuka dengan Iran pasca serangan ke Israel (Instagram @joeBiden)

- Amerika Serikat akan melakukan rapat darurat dengan negara G7 menyusul tindakan Iran yang menyerang Israel dengan ratusan drone dan rudal pada Minggu, 14 April 2024 pagi.

Negara G7 terdiri dari Amerika Serikat, Britania Raya, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis akan melakukan rapat untuk mencari keputusan soal serangan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mengatakan akan melakukan pertemuan luar biasa dengan negara-negara yang tergabung dalam G7.

Baca Juga: Jatuh saat Memimpin Balapan MotoGP Amerika 2024, Marc Marquez Ungkap Penyebabnya

"Besok saya akan mengumpulkan negara G7 untuk mengkoordinasikan tanggapan diplomatik terkait dengan serangan Iran ke Israe,l" ungkap Biden seperti dikutip dari the moscowtime.com.

Biden juga mengatakan jika dirinya telah menghubungi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menyampaikan komitmen melindungi Israel.

"Komitmen teguh kami untuk melindungi Israel," ucap Biden.

Baca Juga: Serang Israel Pakai Ratusan Drone dan Rudal, Iran Juga Beri Peringatan Keras ke Amerika Serikat

Sementara itu, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengatakan jika Washington mengutuk serangan yang dilakukan oleh Iran.

"Kami mengutuk serangan yang dilakukan oleh Iran yang ceroboh yang belum pernah terjadi sebelumnya, kami mengambil tindakan untuk melindungi Israel," ucap Lloyd.

Menurut Lloyd, Washington tidak menginginkan perang terbuka dengan Iran meski begitu pihaknya tidak ragu untuk melindungi pasukan Amerika dan melindungi Israel.

Baca Juga: Mentang-Mentang Punya Lumbung Harta Karun Emas! Desa Dipelosok Bengkulu Ini Inginkan Otonomi Baru dan Pemekaran Wilayahnya

"Kami tidak mencari konflik dengan Iran," kata Lloyd.

Dari data militer Israel, Iran telah menembakan 120 rudal balistik,30 rudal jelajah dan mengirim 170 drone ke wilayah Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat