bdadinfo.com

Peta Harta Karun Emas Murni di Jambi Terdeteksi di Kawasan Hutan, Sungai dan Pelosok-pelosok Desa - News

Tambang Emas merupakan sebuah desa yang terletak dalam kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Indonesia. Penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi jadi permasalahan besar karena menimbulkan kerusakan sungai.

Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur, di bagian tengah pulau Sumatra, ibu kotanya berada di kota Jambi. Provinsi dengan luas wilayah 50.160,05 km2 ini, pada akhir tahun 2023 memiliki jumlah penduduk 3.760.275 jiwa.

Provinsi Jambi adalah nama provinsi di Indonesia yang ibu kotanya memiliki nama sama dengan provinsi selain Bengkulu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Gorontalo.

Cadangan minyak bumi Provinsi Jambi sebesar 1.270,96 juta m3. Cadangan minyak bumi antara lain terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, struktur Kenali Asam, Kecamatan Jambi Luar Kota dan Kabupaten Muaro Jambi.

Baca Juga: JTTS Menggila Tanpa Batas! Mengular Menembus Lintas Batas Jambi-Sumatera Selatan Sajikan Green View dan Pemandangan Bak Lukisan Alam Surgawi

Cadangan gas bumi Provinsi Jambi sebesar 3.572,44 miliar m3. Cadangan tersebut sebagian besar terdapat di Struktur Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari dengan jumlah cadangan 2.185,73 miliar m3.

Cadangan batubara Provinsi Jambi sebesar 18 juta ton, yang merupakan batubara kelas kalori sedang yang cocok digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Cadangan terbesar dijumpai di Kabupaten Bungo.

Komoditas perkebunan yang sangat dominan adalah Karet dan Kelapa Sawit. Hal ini didukung dengan program Pemerintah Derah Provinsi Jambi yaitu “Pengembangan Kelapa Sawit Sejuta Hektar” serta “Replanting Karet”. Selain itu, casiavera juga banyak dibudidayakan terutama di daerah Kerinci.

Baca Juga: Waduh! Ditargetkan Rampung Bulan Juli Tahun 2024, Proyek Jalan Tol Pertama Jambi Ternyata Sisakan Masalah Pembebasan Lahan Seluas 5 Hektare: Mangkrak?

Tambang Emas merupakan sebuah desa yang terletak dalam kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Indonesia.

Penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi jadi permasalahan besar karena menimbulkan kerusakan sungai.

Hal tersebut bisa dilihat di sepanjang aliran sungai Batang Bungo. PETI di hulu sungai Batang Bungo mempengaruhi kualitas air sungai dan keberlangsungan eksistensi makhluk hidup di sepanjang sungai.

Dua kecamatan yang menjadi hulu sungai Batang Bungo yaitu Kecamatan Rantau Pandan dan Kecamatan Batin III Ulu kini dipenuhi oleh PETI.

sepanjang sungai Batang Bungo ditemukan puluhan penambangan emas, ada yang di tengah sungai dan ada juga di pinggir sungai.

Dampaknya, air di Dusun Rantau Pandan hingga ke pusat Kabupaten Bungo terpantau keruh sepanjang hari.

Tidak hanya itu, ketika perjalanan dilanjutkan ke Dusun Muara Buat, ibu kota kecamatan Batin III Ulu kita disuguhkan bunyi mesin dari PETI yang berada di tengah sungai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat