bdadinfo.com

Aceh Berjuang Selama 2 Tahun! Akhirnya Segera Dimulai Konstruksi Pembangunan Minyak Sawit Bakal Jadi Terbesar, Lokasinya - News

Proyek Kilang Minyak Sawit, Aceh  (Freepik)

- Segera dimulai konstruksi pembangunan mega proyek strategis nasional di Aceh Utara dalam upaya membangun Kilang Minyak Sawit

Perjuangan panjang Pemerintah Aceh untuk mengambil alih pengelolaan minyak dan gas (migas) di Blok B di Aceh Utara dari tangan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) membuahkan hasil.

Pasalnya Menteri ESDM, Arifin Tasrif telah menandatangani surat alih kelola yang dituju kepada Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) pada Rabu 17 Juni 2020. 

Baca Juga: Numpang Lewat! Baru Diresmikan Jokowi Jalan Rusak Dipersolek Kembali Senilai Rp161 Miliar Bukan di Jatim, Ternyata di Provinsi Ini...

"Alhamdulillah berkat doa dan dukungan rakyat Aceh, Blok B akhirnya disetujui alih kelola dari PHE ke PT PEMA,” tutur Arifin.

“Saya atas nama ketua tim negosiasi Blok B selalu mengikuti arahan Bapak Gubernur agar berkerja ikhlas demi rakyat Aceh sesuai UU Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan PP 23 tahun 2015 tentang pengelolaan bersama migas di Aceh," ujar Arifin. 

Baca Juga: NTB Minggir Sebentar! Progres Konstruksi Pembangunan Bendungan Termegah dan Baru di Kabupaten Ini Tak Jauh Lokasinya di Gorontalo Sini...

Pernyataan resmi dari diterbitkannya surat Menteri ESDM yang dituju ke BPMA, selanjutnya Mahdinur. 

Sekarang tinggal PT PEMA yang melengkapi semua persyaratan sedang dibutuhkan.

Mahdinur mengatakan bahwa PT PEMA akan mengelola sendiri Blok B tersebut apabila diperlukan kerja sama dengan pihak lain, menurut Mahdinur, masih memungkinkan.

Baca Juga: Soal Revisi UU Perpanjangan Jabatan Wali Nagari, DPMDPPKB Pesisir Selatan Tunggu Kepastian

Sebabnya, Mahdinur berharap PEMA dapat mengembangkan ladang migas yang belum didevelop oleh PHE.

PHE disamping mengelola ladang PT Arun yang existing dan sekarang diproduksi oleh PHE.

Direktur Utama PT Pembangunan Aceh (PEMA), Ali Mulyagusdin mengatakan bahwa pihaknya bakal membangun kilang minyak kepala sawit atau palm oil refeniry di Aceh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat