bdadinfo.com

Malaysia Mengutuk Jokowi! Gara-gara Proyek Jalan Tol Sumatera dan Jawa Sebagai Bukti Kerja Nyata Bangun Jalan Tol Sekarang Jadi Terpanjang di Asia - News

Jalan Tol Semarang Demak seksi 1 terletak di utara Jalan Nasional yang akan berfungsi membendung banjir rob. Metode yang diterapkan dengan pembangunan tanggul laut.

- Jalan Tol Semarang Demak atau Jalan Tol Semarak adalah jalan tol yang terbentang sepanjang 24 kilometer yang menghubungkan daerah Kota Semarang dengan Kabupaten Demak.

Konsorsium PT PP dan Wijaya Karya keluar sebagai pemenang tender proyek tol Semarang-Demak mengalahkan konsorsium PT Jasa Marga, Waskita Toll Road, Adhi Karya, dan Brantas Abipraya.

Pembangunan jalan tol dengan nilai investasi sekitar Rp15,3 triliun ini bisa dimulai pada tahun 2019 dan ditargetkan akan berlangsung selama 2 tahun.Pembangunan jalan tol ini terbagi menjadi 2 seksi:

Baca Juga: Gubernur Sumbar Optimis Timnas Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024

Seksi I: Kota Semarang Kec. Genuk: Kel. Terboyo Wetan, Terboyo Kulon & Tirtomulyo Seksi II: Kabupaten Demak Kec. Sayung: Desa Sriwulan, Bedono, Purwosari, Sidogemah, Sayung.

Loireng & Tambakroto Kec. Karangtengah: Desa Batu, Wonokerto, Kedunguter, Dukun, Karangsari, Pulosari & Grogol Kec. Wonosalam: Desa Karangrejo, Wonosalam & Kendal Doyong Kec. Demak Kota: Kel. Kadilangu.

Tujuannya dibangun tol ini supaya meminimalisir kemacetan yang berada di jalur pantura Semarang-Demak-Surabaya dan juga untuk menuju kota wisata berada di Demak yaitu Makam Kadilangu/Sunan Kalijaga dan Masjid Agung Demak, serta juga untuk mengatasi banjir rob yang ada di sepanjang pantai utara sebagai tanggul laut penahan rob

Keberadaan jalan tol sepanjang 16,01 kilometer yang dibangun dengan biaya Rp5,9 triliun ini tidak hanya untuk mempercepat transportasi logistik tetapi juga sekaligus sebagai tanggul laut yang dapat mencegah banjir rob

Negara yang lain sudah membuat jalan sampai ratusan ribu km negara yang lain membuat tol sudah puluhan ribu kilometer negara yang lain sudah membuat jalur kereta api puluhan ribu kilometer luas.

Tol ini juga memiliki keunikan karena nantinya akan dihubungkan dengan tol tanggul laut yang merupakan sebuah instrumen untuk menangani kenaikan muka air laut akibat perubahan iklim.

Tol Semarang Demak seksi 2 Sayong Demak sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi keberadaan jalan tol sepanjang 16.01 KM yang dibangun dengan biaya 5,9 triliun ini tidak hanya untuk mempercepat transportasi logistik.

Tapi juga sekaligus sebagai tanggul laut yang dapat mencegah banjir rob jalan tol yang diresmikan ini adalah ruas jalan tol Semarang Demak termasuk yang ditunggu-tunggu tanpa jalan tol ini waktu tempuh dari Semarang ke Demak yang hanya berjarak 32 KM bisa mencapai 2 jam tapi dengan adanya tol jalan tol jarak tempuh 2 Kota Ini hanya 45 menit saja

Baca Juga: Wagub Audy Paparkan Komitmen Pemprov untuk Keberlanjutan Pembangunan di Sumbar

Dengan adanya jalan tol terbaru ini membuat jalan tol Indonesia semakin panjang dan panjang yaitu 2584 km dan ini terpanjang di Asia Tenggara jadi Malaysia ataupun Vietnam semakin jauh untuk mengejar Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat