bdadinfo.com

Gagasan Prabowo Subianto untuk Bentuk Presidential Club, Apa Fungsi dan Urgensinya? - News

Capres Indonesia Nomor Urut 2 yaitu Prabowo Subianto (Facebook Prabowo Subianto)

- Dalam beberapa hari terakhir, terdengar kabar bahwa Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto menyampaikan gagasan kepada publik mengenai pembentukan Presidential Club.

Sederhananya, di dalam Presidential Club itu akan diisi oleh mantan Presiden Indonesia dan menjadi sebuah medium konkret bagi Presiden terdahulu dan Presiden terpilih untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran serta membuka dialog konstruktif antar tokoh bangsa.

Selain sebagai sebuah medium atau forum, Presidential Club atau klub Presiden ini akan menjadi momentum bagi para Presiden terdahulu untuk menjaga tali silaturahmi.

Di mana hal tersebut bisa menjadi salah satu upaya konkret untuk mengurai perpecahan internal di dalam bangsa Indonesia.

Kemudian gagasan ini juga bertujuan untuk mendiskusikan tentang berbagai masalah dan tanggung jawab seputar geopolitik, strategis kebangsaan, dan hal-hal penting lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, juru bicara Presiden terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan jika pembentukan forum ini bertujuan agar Presiden terpilih, Prabowo Subianto bisa mendapatkan masukan, arahan, kritik, dan sara yang bertanggung jawab dari para Presiden Republik Indonesia yang terdahulu.

Dahnil Anzar Simanjuntak juga menjelaskan jika, ke depannya Presidential Club ini akan diisi oleh Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 R, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan juga Presiden ke-7 RI, Joko Widodo.

Lebih lanjut, Dahnil A. S. berharap jika dengan terbentuknya Presidential Club ini akan memberikan citra pemimpin Indonesia yang kompak, guyub, dan rukun demi kepentingan bangsa dan rakyatnya.

Pernyataan sependapat juga diberikan oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, yang menyampaikan jika inisiatif Prabowo Subianto dalam membentuk klub ini merupakan sebuah konsep yang menarik dan menginspirasi.

Adi Prayitno juga menambahkan jika gagasan dari klub presiden ini memiliki dua tujuan yang jelas sebagai sebuah dasar pembentukan.

Dua tujuan jelas tersebut adalah, Presiden terpilih, Prabowo Subianto bisa dengan cukup leluasa untuk menimba pengalaman dan sudut pandang dari Presiden sebelumnya. Dan yang kedua adalah, forum ini dapat menjaga hubungan antara mantan Presidengan dengan Presiden yang berkuasa untuk saling bertukar pikiran.

Perwakilan dari Partai Demokrat, Juru Bicara Demokrat, Herzaky Putra Mahendra juga menyampaikan pendapat yang serupa. Herzaky menyampaikan jika rencana dari Prabowo Subianto ini sejalan dengan mimpi Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pernah disampaikan saat sebelum Pemilihan Presiden 2024.

Herzaky juga menambahkan jika forum ini bisa memanfaatkan kelebihan dengan memiliki dua mantan Presiden dan satu Presiden yang akan purna tugas. Ketiga tokoh tersebut masih dalam kondisi yang sehat sehingga alangkah baiknya jika medium tersebut bisa diisi oleh tukar pikiran, gagasan, kebajikan, pengalaman, dan pengetahuan yang berguna.

Di sisi lain, ada kekhawatiran dari beberapa pihak terkait pembentukan dan penggenapan dari Presidential club ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat