bdadinfo.com

Waspada! JTTS Nggak Aman, Banyak Pengendara Kacanya Pecah Dilempar Orang Tak Dikenal: Kaca Pecah Bos, Dilempar Orang Bos! Kaca Mobil Pecah Semua - News

jalan Tol Terpeka atau jalan tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung adalah jalan tol sepanjang 189,2 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), terletak di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

 - Pembangunan mega proyek jalan Tol Terpeka atau jalan tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung adalah jalan tol sepanjang 189,2 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), terletak di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

Diketahui jalan Tol Terpeka ini memiliki rute dari Terbanggi Besar, Lampung Tengah hingga Kayu Agung, Ogan Komering Ilir.

Bayangkan, proyek jalan Tol Terpeka ini merupakan lanjutan dari Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Jalan tol ini menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. 

Baca Juga: Ada Warga Lokal hingga TKA China, Kasus Penambangan Bijih Emas Ilegal di Kalimantan Barat Dibongkar

Dan waktu pembangunannya yang hanya dalam kurun waktu 2 tahun 3 bulan juga menjadikannya tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Jalan Tol Terpeka ini diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 15 November 2019.

Biaya yang diperlukan untuk pembangunan Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung adalah sebesar 21,950 Triliun terdiri dari Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang (112,2 km): Rp11,865 Triliun dan Pematang Panggang - Kayu Agung (77 km): Rp10,085 Triliun).

Bergeser ke salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang telah diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2019 lalu, Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 Km merupakan Jalan Tol terpanjang dan tercepat pembangunannya di Indonesia.

Dengan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung dapat dirampungkan konstruksinya.

Pembangunan tol ini pun juga mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memecahkan rekor yakni pembangunan Tol Terpanjang.

Jalan Tol ini memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara provinsi Lampung dengan provinsi Sumatera Selatan.

Kemudian juga terhubung dengan berbagai kawasan-kawasan produktif, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Dalam Semalam, 3 Kecamatan di Agam Luluh Lantak Dihantam Banjir Bandang

Nantinya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ditargetkan akan tersambung dari Lampung hingga Aceh pada tahun 2024 mendatang. Hingga saat ini telah beroperasi sepanjang 653 Km yang terdiri dari 9 ruas tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat