bdadinfo.com

Sambut Penuh Suka Cita! Jalan Tol Lima Puluh-Kisaran Resmi Beroperasi Mulai Hari Ini, Mumpung Masih Gratis Yuk Jajal Mulusnya Aspal Menuju Danau Toba - News

Jalan Tol Lima Puluh-Kisaran resmi beroperasi gratis. (Instagram @hutamakaryatollroad)

- Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II (Lima Puluh-Kisaran) telah selesai proses pembangunannya.

Setelah bisa dilalui secara fungsional di musim libur Lebaran 2024, Tol Lima Puluh-Kisaran kini telah bisa dilalui masyarakat secara penuh.

Tol Lima Puluh - Kisaran merupakan bagian dari Tol Indrapura-Kisaran yang memili total panjang sejauh 47,75 kilometer.

Khusus Tol Lima Puluh-Kisaran memiliki panjang 31,25 kilometer. Sedangkan, Seksi I Tol Indrapura-Lima Puluh membentang sejauh 15,6 kilometer.

Baca Juga: Berhasil Menjadi Pemuncak Klasmen Liga 1 2023-24, Borneo Samarinda Siap Balas Dendam Demi Meraih Kemenangan Atas Laskar Sapeh Kerab

Dalam proses pembangunannya, biaya yang dianggarkan mencapai Rp6,05 triliun. Pengelolaan jalan tol ini dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero).

Secara keseluruhan, Jalan Tol Indrapura-Kisaran akan menghubungkan Kabupaten Batubara di sisi Utara dan Kabupaten Asahan di sisi Selatan.

Tak hanya itu, beberapa jalan tol lainnya, yaitu Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, dan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat akan terhubung dengan Tol Indrapura-Kisaran.

Manfaat ekonomi dari kehadiran Tol Indrapura- Kisaran akan dirasakan oleh masyarakat yang terkoneksi dengan jalan bebas hambatan ini.

Khusus untuk wilayah Medan menuju Kisaran, waktu tempuh akan dipangkas menjadi lebih cepat menjadi dua jam saja yang sebelumnya bisa mencapai empat jam melalui jalur konvensional.

Bagi wisatawan, keberadaan Tol Indrapura-Kisaran akan disambut gembira. Pasalnya, jalan tol ini makin mempermudah akses menuju destinasi wisata di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Baca Juga: Bali Makin Melesat, Pelabuhan Baru BMTH Benoa Dibangun Hampir Rampung, Mampu Tampung Turis Naik Kapal Pesiar Segede 'Gaban'

Pasalnya, jalan tol ini akan mempermudah akses menuju Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung karena terhubung dengan ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi – Parapat.

Menariknya, pengguna jalan yang melintasinya belum dipungut biaya sepeser pun alias masih gratis, namun tetap melakukan tapping kartu uang elektronik di gardu tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat