bdadinfo.com

Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat, Mensos: Pindahkan Lokasi Posko Pengungsian ke Tempat yang Lebih Aman - News

Mensos Risma Minta Pemindahan Lokasi Pengungsian Korban Banjir Lahar Dingin di Agam (IST)

- Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Rismaharini mendatangi posko pengungsian korban banjir bandang di Kabupaten Agam pada Rabu (15/5).

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis (16/5), jumlah korban meninggal tercatat sebanyak 67 orang, korban hilang 20 orang, dan korban luka sebanyak 44 orang.

Dari kejadian tersebut, sebanyak 24 kepala keluarga di Kabupaten Agam mengungsi yang berlokasi di SD 08 Kubang Duo, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Baca Juga: Banyaknya Bulu pada Ekor, Sayap dan Leher Burung Garuda, Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 27-29 Subtema 1

Dalam kunjungannya, Mensos Tri Rismaharini menyampaikan kekhawatirannya terhadap kondisi warga yang mengungsi. Hal tersebut mengingat lokasi posko pengungsian saat ini juga masih merupakan jalur lahar dingin Gunung Marapi.

Setelah berkoordinasi dengan Bupati, Kapolres, dan Dandim setempat, Mensos menyampaikan permintaannya untuk memindahkan lokasi posko pengungsian ke tempat yang lebih aman dan jauh dari jalur lahar dingin.

“Saya sampaikan ke Pak Bupati, Pak Dandim, Bu Kapolres dan Walinagari agar kita bisa berpindah tempat pengungsian. Kita semua tidak ingin ada korban lagi,” kata Mensos Risma dilansir dari tvOneNews.

Tambahnya, Mensos berharap para petugas dapat memberikan sosialisasi akan hal ini terutama para lansia dan anak-anak agar lebih dulu bisa dievakuasi.

"Kita berharap warga yang tinggal di sekitar sini mulai disosialisasikan untuk minimal anak-anak dan lansia bisa mengungsi lebih dulu," imbuh Mensos Risma.

Baca Juga: Vasco Ruseimy Digadang-gadang Duet Mahyeldi Ansharullah di Pilgub Sumbar 2024

Dilansir dari laman resmi BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto selaku Kepala BNPB terus mendapingi pemerintah daerah dan warga setempat dalam penanggulangan darurat bencana banjir bandang tersebut.

Ia meminta agar warga yang mengungsi dapat melaporkan setiap kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi selama masa tanggap darurat.

Tim Badan Geologi, BMKG, serta BNPB telah melakukan kajian untuk menentukan area mana saja daerah terdampak, berpotensi terdampak, dan daerah aman yang baik untuk dijadikan lokasi posko pengungsian.

Baca Juga: Viral Sebuah Mobil Dipasangi Hiasan Senjata Gatling Gun di Kap Depan, Warganet: Macam Film Death Race

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat