bdadinfo.com

Kode Keras Presiden! Jalan Tol Pekanbaru Padang Harus Rampung Juli Mendatang Tanpa Titik dan Koma, Jangan Buat Rakyat Sumbar Berharap-harap Cemas - News

Jalan Tol Pekanbaru Padang yang memiliki panjang total 254 km terdiri dari 6 seksi, yakni Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang, dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

- Kementerian PUPR terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Aceh untuk mendukung kelancaran konektivitas di Pulau Sumatera.

Jalan Tol Pekanbaru Padang Dengan panjang total 2.749 km, JTTS terdiri dari koridor utama sepanjang 1.889 km dan koridor pendukung sepanjang 860 km.

Salah satu koridor pendukung yang ditargetkan operasional pada tahun 2024 adalah Jalan Tol Pekanbaru Padang Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau.

Baca Juga: Harapan Baru Sumbar! Sekejap Lagi Jalan Tol Pekanbaru Padang Beres! Sumatera Barat-Riau Nggak Pakai Macet-macetan Bisa Melaju Kencang Secepat Kilat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kecepatan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Padang membutuhkan dukungan pemerintah daerah.

Jalan Tol Pekanbaru Padang yang memiliki panjang total 254 km terdiri dari 6 seksi, yakni Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang, dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

Untuk Seksi Pekanbaru-Bangkinang (40 km) telah diresmikan Presiden Jokowi pada Januari 2023 lalu.

"Saat ini pembebasan lahan pada Seksi 1 Padang-Sicincin sudah hampir rampung dengan progres mencapai 92,6%. Sementara progres konstruksinya telah mencapai 47,22%. Seksi ini ditargetkan dapat selesai dan fungsional pada Juli 2024," ungkap Basuki dalam keterangan dikutip dari Instagram Kementerian PUPR.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menerangkan jalan Tol Pekanbaru Padang Seksi 1 Padang - Sicincin dapat mendukung jalur logistik dan jalur pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian di provinsi Sumatera Barat dan Riau.

Baca Juga: Jelang PON 2024, Jalan Tol di Aceh Jadi yang Paling Tinggi Perkembangannya se-Sumatera: Lebih dari 20 Ribu Kendaraan Melintas dalam 4 Hari

Jalan Tol Pekanbaru Padang, Seksi 1 Padang - Sicincin akan terbagi menjadi 2x2 lajur pada tahap awal.

Seksi ini akan memiliki 3 gerbang tol yang berada pada STA 1+800, STA 19+000 dan STA 35+800. Seksi ini juga akan memiliki 1 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/ Rest Area) Tipe A yang berada di STA 23+000.

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Padang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani pada Oktober 2017 dengan nilai investasi sebesar Rp 9,729 triliun.

Sedangkan untuk seksi Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan sepanjang 101 km, khususnya ruas Bangkinang-Pangkalan (61 km) mulai dilanjutkan pembangunannya. Saat ini ruas Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km tengah diselesaikan dengan progres konstruksi mencapai 94,42%.

Ditargetkan pada April 2024, ruas Bangkinang-Koto Kampar bisa tuntas dan beroperasi penuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat