bdadinfo.com

Sumatera Selatan Kibarkan Bendera Putih! Sudah Disahkan Presiden 3 Kabupaten Naik Tahta Meninggalkan Singgasana Sumsel Secara Terhormat - News

Pembentukan tiga kabupaten baru ini didasarkan atas UU No.37 Tahun 2003. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Ilir.

 - Siapa yang tidak mengenal provinsi yang satu ini yaitu Sumatra Selatan adalah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Selatan pulau Sumatera. Ibu kota Sumatera Selatan berada di kota Palembang, dan pada 2021 penduduk provinsi ini berjumlah 8.550.849 jiwa.

Sumatra Selatan secara geografis, berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kepulauan Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat.

Di mana Sumatera selatan ini kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Baca Juga: Provinsi Riau Menuju Abad Kejayaan! Sumber Daya Alamnya yang Melimpah Provinsi Baru Ini Naik Tahta Bersumpah Berpisah dengan Riau Selama-lamanya

Selain itu, ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kedatuan Sriwijaya.

Dari abad ke-7 hingga akhir abad ke-14, provinsi ini merupakan pusat Kerajaan Buddha Sriwijaya, yang memengaruhi sebagian besar kawasan Asia Tenggara.

Sriwijaya adalah pusat penting bagi perluasan agama Buddha di Kepulauan Nusantara pada abad ke-8 hingga abad ke-12.

Sriwijaya juga kerajaan bersatu pertama yang mendominasi sebagian besar Nusantara yang kini disebut Indonesia.

Karena posisi geografisnya, ibu kota Sriwijaya, Palembang, menjadi pelabuhan berkembang yang sering dikunjungi oleh para pedagang dari Timur Tengah, Subbenua India, dan Tiongkok.

Baca Juga: Lantik Andree Algamar Jadi Pj Walikota Padang, Gubernur Sumbar: Jaga Sinergitas dengan Seluruh Pihak

Dimulai pada abad ke-13, Islam mulai menyebar di wilayah tersebut, secara efektif menggantikan agama Hindu dan Buddha sebagai agama dominan di wilayah tersebut.

Pada abad ke-17, Kesultanan Palembang didirikan dengan Palembang sebagai ibukotanya, pada saat itu pula orang-orang Eropa mulai berdatangan di wilayah ini.

Belanda menjadi kekuatan dominan di wilayah tersebut. Melalui Vereenigde Oostindische Compagnie, Belanda memberikan pengaruh terhadap Kesultanan Palembang. Hingga pada akhirnya Kesultanan Palembang dibubarkan.

Wilayah ini seperti wilayah lainnya di Indonesia, Belanda mengambil alih pemerintahan untuk abad berikutnya, tetapi selama Perang Dunia II, Jepang menyerang Palembang dan mengusir Belanda.

Jepang menduduki wilayah Sumatera Selatan sampai Agustus 1945, ketika mereka menyerah kepada pasukan Sekutu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat