bdadinfo.com

Harta Karun di Tanah Pasundan Bukan Hanya Emas dan Berlian Tapi Harta Karun Ini Paling Berharga Diincar Seluruh Dunia - News

Harta karun tidak hanya terbatas pada emas, berlian, perhiasan, dan uang. Harta karun bisa berupa sesuatu yang sangat berharga di Indonesia, dan salah satunya adalah harta karun gas, yakni gas alam di Provinsi Jawa Barat.

- Tatar Sunda atau Tatar Pasundan adalah sebutan atau istilah untuk daerah geobudaya di bagian barat Pulau Jawa, Indonesia yang secara sejarah merupakan daerah dimana budaya Sunda dikembangkan oleh suku Sunda.

Secara geografis daerah ini mencakup provinsi Banten, Jawa Barat, Jakarta dan bagian barat Jawa Tengah sebelah barat dari Sungai Cipamali dan Cisarayu.

Daerah ini merupakan bekas dari wilayah kekuasaan Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh, dimana keduanya merupakan penerus dari Kerajaan Tarumanagara.

Baca Juga: Misteri Keangkeran Terowongan Bawah Tanah Terhubung Langsung ke Berbagai Bangunan Bersejarah di Kota Medan Terpendam Harta Karun Emas? (Bagian. 2)

Jawa Barat, disingkat Jabar adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak pada bagian barat Pulau Jawa dengan ibu kota di Kota Bandung.

Jawa Barat berbatasan dengan Banten dan wilayah ibu kota Jakarta di sebelah barat, Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, dan Samudra Hindia di sebelah selatan.

Bersama dengan Banten, Jawa Barat disebut sebagai Tatar Sunda atau Pasundan karena merupakan kampung asli masyarakat Sunda, suku terbesar kedua di Indonesia.

Baca Juga: Optimalkan Fungsi Aset Daerah, Bapenda dan Inspektorat Kota Padang Bakal Pindah Kantor

Minyak dapat ditemukan di sepanjang Laut Jawa, utara Jawa Barat, sementara cadangan geotermal (panas bumi) terdapat di beberapa derah di Jawa Barat.

Tambang lain sepert Batu gamping, andesit, marmer, tanah liat merupakan pertambangan mineral yang dapat ditemukan, termasuk mineral lain yang cadangan depositnya sangat potensial, Emas yang dikelola PT Aneka Tambang, potensinya sebesar 5,5 million ton, dan menghasilkan 12,1 gram emas per ton.

Harta karun tidak hanya terbatas pada emas, berlian, perhiasan, dan uang. Harta karun bisa berupa sesuatu yang sangat berharga di Indonesia, dan salah satunya adalah harta karun gas, yakni gas alam di Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Bantu Korban Bencana Alam di Sumbar, Pj Wako Padang Andree Algamar Sambut Kedatangan Menhan Prabowo

Gas alam, sering disebut juga sebagai gas bumi, adalah jenis bahan bakar yang sering digunakan dalam sistem instalasi termal sebagai sumber energi.

Sumber daya ini berasal dari proses pembusukan fosil-fosil seperti sisa-sisa makanan, hewan, dan mikroorganisme yang telah terperangkap di bawah tanah selama jutaan tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat