bdadinfo.com

Gorontalo Berkibar! Dua Daerah yang Melepaskan Diri dari Sulawesi Utara Punya Pemandangan Bawah Laut Super Indah Proklamasikan Provinsi Baru - News

Seiring dengan Nuansa Reformasi dan Otonomi Daerah, maka telah dilakukan pemekaran wilayah dengan terbentuknya Provinsi Gorontalo sebagai hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara malalui Undang-Undang No. 38 Tahun 2000.

 - Provinsi yang satu ini sangat terkenal dengan pemandangan bawah laut yang super indah.

Di mana Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi, Indonesia, dengan ibu kota terletak di kota Manado.

Diketahui, Sulawesi Utara atau Sulut berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudra Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan Provinsi Davao Occidental di sebelah utara.

Penduduk Sulawesi Utara pada pertengahan tahun 2023 berjumlah 2.676.012 jiwa, dan luas wilayahnya adalah 13.892,47 km2.

Baca Juga: Misteri Keangkeran Terowongan Bawah Tanah Terhubung Langsung ke Berbagai Bangunan Bersejarah di Kota Medan Terpendam Harta Karun Emas? (Bagian. 2)

Sulawesi Utara memiliki kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 287 pulau dengan 59 di antaranya berpenghuni.

Wilayah administratif Sulawesi Utara terbagi menjadi 4 kota dan 11 kabupaten dengan 1.664 desa/kelurahan.

Sulawesi Utara terbagi menjadi dua zona yaitu zona selatan yang berupa dataran rendah dan dataran tinggi serta zona utara yang meliputi kepulauan.

Zona ekonomi eksklusif Sulawesi Utara mencapai 190.000 km2 dengan pesisir pantai sepanjang 2.395,99 km dan luas hutan mencapai 701. 885 hektare.

Baca Juga: Optimalkan Fungsi Aset Daerah, Bapenda dan Inspektorat Kota Padang Bakal Pindah Kantor

Wilayah Sulawesi Utara juga memiliki banyak gunung berapi, dikarenakan letaknya yang berada di tepian Lempeng Sunda.

Sulawesi Utara terletak di semenanjung paling utara di Pulau Sulawesi. Lokasinya berada di perbatasan bagian utara Indonesia.

Sulawesi Utara terletak pada titik koordinat 0°LU – 3°LU dan 123°BT – 126°BT serta merupakan salah satu daerah yang terletak di sebelah utara garis khatulistiwa.

Sulawesi Utara terdapat 41 buah gunung dengan ketinggian berkisar antara 1.112–1.995 dpl.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat