bdadinfo.com

Provinsi Riau Menuju Era Baru! Daerah yang Berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan Ini Naik Singgasana Baru Pakai Mahkota Provinsi Baru - News

Kabupaten Natuna adalah daerah yang kini diperjuangkan menjadi provinsi baru tersebut. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus mematangkan rencana pembentukan Kabupaten Natuna menjadi provinsi baru.

 - Provinsi Riau menuju era baru! Salah satu daerahnya yang berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan ingin berpisah secara baik-baik dari induknya.

Memang, diketahui, polemik provinsi baru terus berkembang sejak lama di Kepulauan Riau adalah sebuah wilayah provinsi yang terletak di Indonesia. Provinsi ini beribu kota di Kota Tanjungpinang.

Diketahu, teritorial Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja, dan Laut Tiongkok Selatan di sebelah utara Laut Natuna Utara; provinsi Kalimantan Barat dan Sarawak (Malaysia) di sebelah timur.

Di mana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; negara Singapura, tiga negara bagian Malaysia Barat (Terengganu, Pahang, dan Johor) dan provinsi Riau di sebelah barat.

Baca Juga: SKK Migas - KKKS Salurkan Bantuan Bencana Banjir - Longsor di Sumatera Barat

Kepulauan Riau ini termasuk provinsi berbentuk kepulauan di Indonesia. Tahun 2020, penduduk Kepulauan Riau berjumlah 2.064.564 jiwa. 

Dengan kepadatan 252 jiwa/km2, dan 58% penduduknya berada di Kota Batam. Dan pada akhir tahun 2023, penduduk Kepulauan Riau sebanyak 2.178.610 jiwa.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten, dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk.

Adapun luas wilayahnya sebesar 8.201,72 km², sekitar 96% merupakan lautan, dan hanya sekitar 4% daratan.

Baca Juga: Dikunjungi Wabup, Pengungsi Sungai Manau Happy

Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan provinsi ke-32 di Indonesia.

Yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga.

Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan di sebelah utara. Di sebelah timur, Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Malaysia.

Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan di sebelah selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat