bdadinfo.com

Ibu Kota Baru Nusantara Pamer Tumpukan Harta Karun! Terbukti Berhasil Sukses Besar Bukukan 13,5 Miliar Ton dari Perut Kalimantan Timur - News

Ibu Kota Baru Nusantara Pamer Tumpukan Harta Karun! terbukti Provinsi Kalimantan Timur didominasi dengan komoditas batubara yang menyumbang porsi terhadap produksi batubara nasional sebesar 25-30%.

 - Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi di pulau Kalimantan, Indonesia. Luas total Kalimantan Timur adalah 127.346,92 km². 

Kalimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah ke empat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489 km persegi.

Baca Juga: Diam-Diam Jokowi Mencintai Sumatera Barat! Buktinya Proyek Jalan Tol Padang Sicincin Diguyur Dana Jumbo Rp9,8 T Demi Jalan Tol di Sumbar Cepat Rampung

Yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Kalimantan Timur berbatasan dengan Sarawak (Malaysia Timur), kemudian Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Provinsi Kalimantan Timur selain sebagai kesatuan administrasi, juga sebagai kesatuan ekologis dan historis.

Kalimantan Timur sebagai wilayah administrasi dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956 dengan gubernurnya yang pertama adalah APT Pranoto.

Sebelumnya Kalimantan Timur merupakan salah satu karesidenan dari Provinsi Kalimantan.

Sesuai dengan aspirasi rakyat, sejak tahun 1956 wilayahnya dimekarkan menjadi tiga provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

Pada tahun 2012, kembali terjadi pemekaran wilayah yang ditandai dengan pembentukan Provinsi Kalimantan

Mengutip data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) per November 2021, jumlah izin usaha pertambangan (IUP) di Kalimantan Timur mencapai 476 izin, yang terbagi menjadi jenis izin 437 IUP, 1 IUPK, 1 KK, dan 37 PKP2B.

Baca Juga: Garang! Sumatera Selatan Terus Buru Proyek Jalan Tol Rangkaian JTTS Sepanjang 54 Km: Tahun 2025 Optimis Mulai Konstruksi?

Jenis izin pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur didominasi dengan komoditas batubara yang menyumbang porsi terhadap produksi batubara nasional sebesar 25-30%.

Kondisi tersebut berimplikasi terhadap perekonomian Kalimantan Timur yang mencapai sebesar 70%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat