bdadinfo.com

Dies Natalis ke-50 Politeknik ATI Padang, Wagub Audy Joinaldy: Momentum Berbagi Ilmu dan Kemitraan Internasional - News

Dies Natalis ke-50 Politeknik ATI Padang, Wagub Audy Joinaldy: Momentum Berbagi Ilmu dan Kemitraan Internasional (IST)


PADANG, - Dalam rangka dies natalis ke-50, Politeknik ATI Padang diberikan kepercayaan untuk pelaksanaan pelatihan capacity building untuk diversifikasi produk olahan kelapa dan turunannya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Politeknik ATI Padang Dr Ester Edwar MPd disela-sela kegiatan makan malam dengan Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Senin (20/05/2024) di gubernuran Padang.

"Pesertanya berasal dari negara-negara karibia. Setidaknya saat ini ada utusan dari 9 dengan total 19 peserta yang hadir di Padang guna melaksanakan pelatihan tersebut," kata Dr Ester Edwar MPd.

Dikatakannya, pelatihan ini akan dimulai pada tanggal 21 Mei 2024 sampai dengan tanggal 5 Juni 2024.

Baca Juga: Transformasi Infrastruktur Kolosal: Inilah Mengapa Tasikmalaya Menjadi Pusat Perhatian dalam Mega Proyek Tol Getaci yang Siap Merevolusi Ekonomi

"Acaranya cukup lama. Sekitar 2 mingguan lebih para peserta di kota Padang untuk mempelajari bagaimana macam pengolahan kepala dan juga produk-produk turunannya yang dilakukan dengan para instruktur dosen-dosen Politeknik ATI Padang," jelasnya.

Kegiatan ini, didanai melalui hibah dari Indonesia ke negara-negara karibia dalam bentuk bantuan Indonesia kepada beberapa negara sahabat untuk dapat memberikan pengembangan tugas di negara tersebut.

"Saat ini kita sedang memperingati 50 tahun Politeknik ATI Padang. Ini menjadi salah satu ajang bagi kita untuk memperlihatkan bahwa di usia yang sudah menginjak ke-50 tahun ini, Politeltik ATI Padang bisa melaksanakan kegiatan yang bersifat global," tambah Dr Ester Edwar lagi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin RI, Masrokhan dalam sambutannya menjelaskan, saat ini Politeknik ATI Padang terdapat dua program yang sedang sedang dikerjasamakan dengan Kementerian Keuangan melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI), serta Kementerian Luar Negeri. Kedua program tersebut yaitu program pengembangan SDM Kelapa Sawit dan pelatihan pengolahan kelapa untuk negara-negara di Karibia.

Baca Juga: Asyik! Tol Sumatera Barat Sebentar Lagi Rampung di Tahun 2024, Padang-Bukittinggi Sekarang Cuma 1 Jam Anti Macet dan Bebas Longsor

"Program ini adalah bentuk komitmen Kementerian Perindustrian dalam mengembangkan Industri Nasional melalui penyediaan SDM Industri yang kompeten dan sekaligus berbagi pengalaman dan kemampuan kepada negara sahabat dalam memperkuat peran Indonesia di kancah global," jelasnya.

Melalui program pelatihan berbagi kepada negara-negara sahabat, lanjutnya, keberhasilan Politeknik Kemenperin dalam menghasilkan SDM Industri yang kompeten dan membawa kemajuan industri, diharapkan ilmu dan pengalamannya, bisa juga membantu dan memberi manfaat bagi sahabat-sahabat di negara lain.

"Kita berharap dapat terus memperluas kerjasama dengan berbagai negara, berbagi ilmu dan pengalaman di sektor-sektor industri lainnya, serta menambah mitra internasional yang sudah lama menjalin kerjasama pengembangan SDM seperti dari Jepang, Jerman, Swiss, Korea, Singapura, Belanda, dan yang terakhir Tanzania," pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumatera Varat yang diwakili oleh Wakil Gubernur Audy Joinaldy dalam sambutannya mengaku bangga dengan pencapaian yang telah dilakukan oleh Politeknik ATI Padang hingga saat ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat