bdadinfo.com

Gawat! Bos HK Datang ke Sumatera Barat, Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Pesimis Rampung Juli 2024: Masih Butuh 4 Bulan Lagi? - News

Petinggi Hutama Karya berharap Pemerintah daerah Sumatera Barat dapat segera menuntaskan pembebasan lahan Jalan Tol Padang-Sicincin. Proyek rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini bisa saja tertundadan tidak bisa rampung di Juli tahun 2024. (Dok: Hutama Karya)

- Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang hingga saat ini terus berusaha mendorong pembangunan infrastruktur jalan tol di daerahnya.

Melalui mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Sumatera Barat mendapatkan 4 (empat) proyek pembangunan jalan tol.

Keempatnya merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru yang menjadi jalan tol sirip atau feeder dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Sudah Dapat Dana Rp23 Triliun, Riau Siap Babat Habis 736 Hektare Hutan Demi Proyek Jalan Tol Jambi-Rengat: Konstruksi Mulai Tahun ini?

Namun, hingga Mei tahun 2024, pembangunan jalan tol yang berlangsung di Sumatera Barat hanya satu proyek saja, yaitu Jalan Tol Padang Sicincin.

Beberapa waktu lalu, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro datang bertandang ke Sumatera Barat untuk meninjau langsung lokasi pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin.

Dalam kesempatan yang sama, ia berharap permasalahan pembebasan lahan yang menjadi salah satu penghambat pembangunan jalan tol di Sumatera Barat dapat terselesaikan. 

Baca Juga: Rezeki Nomplok! 2 Desa di Provinsi Riau ini Bakal Jadi Titik Penghubung Jembatan Terpanjang di Indonesia: Mulai Pembangunan Tahun 2024 ini?

Anggota Komisi 6 DPR RI asal Sumatera Barat Andre Rosiade menemui petinggi Hutama Karya tersebut untuk menanyakan progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Sumatera Barat.

Melansir dari kanal YouTube Tollku, Koentjoro menjelaskan, bahwa masalah tol di Sumatera Barat masih sama yaitu pembebasan lahan yang lambat.

Disebutkannya, bahwa sampai pertengahan Mei tahun 2024 ini pembebasan lahan Jalan Tol Padang Sicincin belum juga tuntas 100 persen. 

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin Mau Dikerjakan Siang Malam, HK Minta Pemprov Sumatera Barat Segera Tuntaskan Pembebasan Lahan Tersisa: Kurang 4 Persen Lagi!

Hal ini yang menjadi kendala dalam penyelesaian Jalan Tol Padang Sicincin yang akan memiliki panjang 36 kilometer ini.

Ia menegaskan, jika lahan itu bisa dibebaskan pada Mei atau Juni 2024 maka 3 atau 4 bulan ke depan pembangunan tol itu bisa diselesaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat