bdadinfo.com

Rezeki Nomplok! 2 Desa di Provinsi Riau ini Bakal Jadi Titik Penghubung Jembatan Terpanjang di Indonesia: Mulai Pembangunan Tahun 2024 ini? - News

Lokasi pembangunan jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera di Provinsi Riau akan berada di dua desa ini. Peninjauan lokasi telah dilakukan oleh tim terkait pada Mei tahun 2024. (Dok: Media Center Riau)

- Provinsi Riau kini tengah mengupayakan realisasi rencana pembangunan salah satu mega proyek terbaru.

Pembangunan mega proyek terbaru Provinsi Riau tersebut adalah pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Bengkalis dan daratan utama Pulau Sumatera.

Pembangunan mega proyek jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera ini juga akan menjadikan proyek ini sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Baca Juga: Wow! Panjangnya Nyaris 8 Km, Riau Siap Eksekusi Mega Proyek Jembatan Terpanjang di Indonesia: Mei 2024 Tim Sudah Turun ke Lapangan 

Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera ke depannya akan terkoneksi melalui kehadiran jembatan penghubung sepanjang 7,6 kilometer.

Dengan panjan jembatan yang membentang sepanjang hampir 8 km, menjadikan jembatan ini sebagai yang terpanjang yang ada di Indonesia.

Kadis PUPR Bengkalis, Ardiansyah, menjelaskan dari rancangan pembangunan jembatan penghubung saat ini, terhitung dari titik tengah jalan provinsi menuju kabupaten adalah 8,9 kilometer. 

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin Mau Dikerjakan Siang Malam, HK Minta Pemprov Sumatera Barat Segera Tuntaskan Pembebasan Lahan Tersisa: Kurang 4 Persen Lagi!

Sedangkan untuk bentangan jembatannya diperkirakan sepanjang 7,6 kilometer dan menghubungkan dua desa.

Dua desa ini pun beruntung akan menjadi lokasi dari pembangunan bakal calon jembatan terpanjang di Indonesia. Kedua desa tersebut adalah Desa Bukit Batu dan Desa Pangkalan Barat, Bengkalis.

Saat ini, proyek pembangunan jembatan penghubung Pulau bengkalis dan Pulau Sumatera ini masih terus didorong oleh Pemerintah Provinsi riau.

Baca Juga: Sumatera Selatan dan Jambi Sebentar Lagi Tersambung Jalan Tol, Konstruksinya Ternyata Sudah Mau 90 Persen: Tuntas di Tahun 2024!

Pemerintah Provinsi Riau terus mengupayakan mega proyek ini menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam upayanya, Pemerintah Provinsi Riau dan pihak terkait telah meninjau rencana lokasi pembangunan jembatan penghubung ini pada bulan Mei tahun 2024 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat